Sabtu, 23 Mei 2009

Kisah Nyata Kehidupanku

Kisah Nyata Kehidupanku

Kehidupan ini terus berjalan tanpa ada yang tahu apa yang akan terjadi di depan. Begitupun yang kualami dalam hidupku ini. Waktu terus berjalan dan semuanya tanpa terasa akhirnya usia semakin tua dan belum banyak yang dapat kulakukan dimuka bumi ini. Seharusnya sebagai hamba Allah di muka bumi harus dapat melakukan hal yang baik, tetapi sebaliknya aku tak tahu hal baik apa yang sudah kulakukan.

Sekarang di usiaku yang sudah memasuki 29 tahun, hidupku masih banyak kekurangan. Aku masih belum dapat menjadi seorang anak, seorang ibu, seorang istri, dan sebagai seorang kakak dari adik-adiknya yang baik. Ya Allah ya Tuhanku, mengapa aku masih terus saja dirundung duka yang sangat dalam atas takdir yang terjadi pada kehidupanku.

Aku terlahir dari keluarga yang sederhana dan dibesarkan dengan kesederhanaan pula. Tetapi aku tidak pernah menyesali semuanya, itu merupakan hal terindah yang pernah aku alami. Aku besar disebuah desa yang jauh dari suasana perkotaan, kemudian orang tuaku memilih meninggalkan desa tersebut dan mencari kehidupan yang lebih baik dikota. Akhirnya jadilah aku seorang anak yang besar disebuah kota yang memilki banyak keragaman budaya dan bahasa. Aku menempuh pendidikan selayaknya anak-anak yang lain, walaupun terkadang harus kekurangan karena orang tua juga terkadang mendapat rejeki yang kurang dari hasil berjualan dipasar. Tetapi aku dan adik-adikku terus semangat menempuh pendidikan kami sampai selesai.

Aku hanya melanjutkan ke jenjang pendidikan Diploma karena tau keadaan ekonmi keluarga yang tidak akan mampu membiayai kuliahku nanti, akhirnya setelah selesai menempuh pendidkan diplomaku aku mendaftar pekerjaan di sebuah rental pengetikan computer. Awalnya aku benar-beanr bahagia karena akhirnya aku dapat memperoleh uang sendiri dari hasil jerih payahku dan juga dapat membantu biaya sekolah adik-adikku, tetapi semakin lama semuanya terasa kurang. Dan syukur Alhamdulillah akhirnya Tuhan memberikan rejeki yang sama skali tak diduga, aku bekerja pada sebuah perusahaan swasta yang selama ini aku idamkan agar punya gaji yang lebih untuk biaya kami sehari-hari.

Disitulah aku kemudian memulai pekerjaanku sebagai seorang karyawan bisaa. Sebelum aku memutuskan bekerja di perusahaan tersebut, aku kenal dengan seorang mahasiswa sebuah universitas negeri terkenal di kota ini. Dia juga membiayai kuliahnya sendiri dari hasil jerih payahnya menjadi supir taksi. Itulah yang aku kagumi dari sosoknya, dialah yang juga banyak memberi semangat kepadaku dalam menghadapi hidup yang penuh dengan kejutan ini.

Awalnya hubungan kami sangat harmonis, tetapi seiring waktu aku tahu ada yang tidak beres dengan hubungan ini dan aku terus dihantui perasaan tersebut. Hubungan kami selama 3,5 tahun terus diwarnai berbagai peristiwa baik yang mebahagiakan maupun yang menyedihkan. Kadangkala jika perasaan bersalah itu muncul dan teramat sangat menyakitkan aku memutuskan untuk mengakhiri hubungan kami. Tetapi takdir terus menyatukan kami dalam perbedaan prinsip yang sangat mendasar. Sampai suatu waku kami memutuskan untuk melanjutkan hubungan ini ke jenjang perkawinan. Aku hanya meyakini dia tidak akan menduakanku dengan perempuan lain karena dia tidak ingin anaknya merasakan nasib yang sepertinya dimana orang tua memiliki hubungan dengan perempuan lain sehingga kehidupan mereka tidak seperti kehidupan keluarga harmonis lainnya.

Dia benar-benar meyakinkan dan bersumpah, itulah yang aku pegang sebagai bukti kepercayaanku. Akhirnya saat pernikahan kami tiba, tetapi sebuah musibah datang menjelang hari pernikahan kami. Ayah mertuaku meninggal dunia tepat seminggu sebelum acara pernikahan kami. Saat itu aku merasakan sesuautu yang sangat membuat hati ini bimbang luar bisaa, apakah ini pertanda sesuatu yang buruk akan terjadi dalam rumah tangga yang akan kami bina. Karena sejujurnya aku sering merasa ragu dengan kesetiaan orang yang akan menjadi suamiku kelak. Ayah mertuaku merupakan orang tua yang tidak bertanggung jawab terhadap keluarganya, dia hanya senang menikah dengan perempuan muda cantik dan mengabaikan keluarganya. Aku tidak pernah menceritakan hal ini kepada orangtuaku maupun keluargaku yang lain, hanya aku seorang yang menyimpan rahasia ini.

Aku tidak tahu apakah yang akan terjadi jika kedua orang tuaku mengetahui hal yang sebenarnya dari calon menantu mereka. Saat itu aku merasa sangat sedih dan ragu dengan rencana pernikahan kami, bukan karena ada orang ketiga tetapi takut akan pengkhianatan yang akan ada dalam rumah tanggaku kelak karena calon suamiku memiliki orangtua yang seperti itu. Ada istilah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Aku pernah melihat kakak iparku yang telah berkeluarga tetapi masih juga jalan dengan perempuan lain ketika sang istri berjuang untuk melahirkan anak mereka. Inilah yang benar-benar mengusik hati ini, Tetapi keluargaku mengatakan anggaplah musibah yang datang ini sebagai pertanda baik membuang segala kesialan yang ada di depan mata nantinya, akupun mencoba meyakini pendapat tersebut.

Jadilah kami menikah pada Hari minggu tanggal 01 Mei 2005, hari itu merupakan hari yang membahagiakan untuk kami dan keluarga besar kami.

Kami memutuskan untuk mencari rumah kos-kosan untuk tempat tinggal kami setelah menikah, setelah 2 bulan menjalani pernikahan itu aku di berikan karunia yang tiada terkira yaitu kehamilan. Aku dan suami sangat bahagia dengan calon anak yang ada diperutku. Setiap bulan saat pemeriksaan rutin ke dokter kandungan, suamiku selalu menemaniki tanpa mengenal lelah. Dalam perjalanan pernikahan ini kami juga tidak luput dari kerikil-kerikil tajam pernikahan, dan setiap masalah yang muncul hatiku selalu bertanya “apakah pernikahan ini akan sampai akhir hayat kami atau akan hancur di tengah perjalanan” karena begitu beratnya beban yang kurasakan dengan sifat suamiku yang sangat temperamental. Ia sering marah apabila ada hal yang tidak sesuai dengan pendapat atau keinginannya, ia pun seirng meneriaku dengan suara yang sangat lantang yang membuat aku malu untuk menampakkan wajahku pada tetangga-tetanggaku, ia pun sering pula menyakitikku secara fisik, aku sangat sedih jika perlakuan suamiku sudah sampai pada kekerasan fisik.

Aku tahu apa yang kurasakan tentang kebimbangan pernkahan itu seharusnya tidak boleh ada dalam benakku, aku harus menguasai hati yang penuh dengan kebimbangan ini dan membuat keyakinan kalau pernikahan ini akan langgeng sampai kakek nenek dan ajal memisahkan kami.

Pada tanggal 27 Maret aku masuk ke Rumah Sakit untuk menjalani persalinna pertamaku. Aku di temani orang tua dan suamiku masuk ke ruang bersalin, akhirnya tepat pada pukul 02.15 WITA aku melahirkan seorang anak yang sangat cantik bidadari kami yang merupakan cucu pertama dalam keluargaku. Kami sangat bahagia tiada terkira apalagi ketika menjalani masa persalinan suami dengan setia menemaniku, semua perasaan sedih hilang berganti bahagia. Setelah keluar dari Rumah Sakit kami memutuskan untuk tinggal sementara di rumah orang tuaku yang jauh dari kota, kami tinggal disana kurang lebih 2bulan lamanya. Lalu kamipun kembali ke kota dan mengontrak sebuah rumah kenalan suamiku, disana kami tinggal bersama adik-adikku yang membantu kami. Selama masa itu kami melewati suka dan duka bersama, tetapi sekali lagi hati ini terus terusik dengan PIKIRan-PIKIRan yang seharusnya tidak aku biarkan berkembangbiak dihati ini.

Ketika masalah muncul antara aku dan suami, aku selalu berPIKIR apa yang terjadi dengan rumah tangga kami kelak melihat perbedaan kami dan sikapku yang selalu merasa dizalimi suamiku padahal itu mungkin Cuma perasaan egoisku seorang. Bagaimana nasib pernikahan kami kelak ya Tuhan …? Aku sudah terlanjur sangat mencintai suamiku dan tidak ingin ada orang lain yang memilikinya. Waktu terus bergulir tanpa terasa, kehidupan rumah tangga kami terus berputar. Hubungan kami kadang baik dan kadang memburuk karena ketidak mengertianku pada pekerjaan suamiku yang harus kerja malam.

Sebenarnya sejak pertama menikah aku sudah tahu resiko dari pekerjaan suamiku kalau ia tidak akan ada dirumah malam hari, tetapi sejak menikah aku sepertinya tidak ingin jauh dari suamiku, aku ingin terus melihatnya disamping ku dan anakku. Tetapi bagi suamiku sikapku menandakan kalau aku hanya ingin mengurung ia dirumah tanpa perlu bekerja dan jadilah itu sebagai bahan pertengkaran kami setiap waktu. Sebenarnya aku hanya ingin suamiku bisa membagi waktu sebaik-baiknya antara pekerjaan dan keluarganya. Suamiku menganggap kalau aku hanya menghalangi pekerjaannya padahal aku hanya membutuhkan perhatiannya. Untuk sekedar kami keluar jalan bersama saja itu tidak pernah lagi terjadi semenjak aku melahirkan anak kami. Dia seolah lupa kalau aku pun butuh udara segar diluar , tetapi aku tetap menjalani kesibukanku sebagai Ibu rumah tangga dan mengurus suami dan anakku sebaik-baiknya.

Setelah usia anak kami menginjak 5 bulan, sebuah peristiwa yang menyakitkan untukkku aku rasakan walaupun mungkin orang mengatakan aku terlalu sensitive. Tetapi apa yang aku rasakan adalah gambaran batinku yang ada, sebenarnya aku tak menyukai ini karena aku ingin hiddup yang realistis. Aku mendapatkan sms untuk suamiku dari perempuan lain yang tidak lain adalah teman orang tuaku sendiri. Isi dari SMS tersebut benar-benar membuat kaget dan menghancurkan hati dan kepercayaan pada suamiku. Ia mengatakan ucapan terima kasih kepada suamiku atas apa yang sudah mereka perbuat pada malam tersebut disebuah hotel dan ingin lagi bertemu dengan suamiku. Aku merasakan sebuah kekecawaan yang sangat dalam pada orang yang menjadi imam bagiku dan anakku. Tapi suamiku meyakinkan aku bahwa itu hanya kesalahpahaman dan SMS tersebut bukan ditujukan untuknya, untk lebih meyakinkanku ia membawa perempuan tersebut ke rumah kami. Aku dengan perasaan yang remuk redam berusaha mempercayai suamiku lagi. Walaupun dalam hati ini terus mengingat kejadian tersebut dan sakit yang masih perih dihati ini.

Akhirnya kehidupan rumah tangga kami kemabali berjalan normal seperti bisaanya seperti tak pernah terjadi apa-apa, aku juga tidak menceritakan hal tersebut kepada keluarga dan orangtuaku biarlah aku yang menanggung kepedihan ini karena akulah yang memilih sendirinya pendamping hidupku, apapun kelebihan dan kekurangannya. Aku tetap menjalani aktivitas Ibu Rumah Tangga seperti bisaa, lalu beberapa waktu kemudian sebuah ujian datang lagi dalam kehidupan rumahtanggaku. Suamiku membawa temannya dari daerah untuk tinggal sementara dengan kami karena mereka tidak punya tempat untuk bernaung sementara waktu sampai mereka mendapatkan tempat untuk tinggal.

Awalnya aku tidak keberatan karena mereka adalah sahabat suamiku, yang aku tahu teman wanitanya tersebut merupakan simpanan dari bosnya, itu yang membuat aku kurang sreg untk menerimanya tetapi aku tidak bisa berbuat banyak karena suamiku tipe orang yang tidak dapat menerima pendapat orang lain walaupun pendapat itu benar adanya. Jadilah mereka tinggal bersama kami selama seminggu lamanya, memasuki minggu kedua mereka dirumah kami, aku mulai merasakan sikap suamiku yang berubah.

Dia sering pulang larut dengan alas an pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, aku sebenarnya tidak keberatan, tetapi yang membuat hati ini menjadi kurang yakin bahwa ia pulang kerumah pukul 04.00 subuh dengan perempuan itu. Aku takut ia menduakanku dengan perempuan itu, aku beranikan diri untuk bicara dan menolak kalau suamiku berboncengan dengan perempuan itu, tetapi sikap suami yang aku harap mendukungku malah memarahiku dan mengatakan kalau saya ini orang yang berhati busuk. Apa yang salah dengan permintaanku ini ya TUHAN? Aku hanya tidak ingin suamiku berdua-duaan dengan perempuan lain. Kami bertengkar hebat karena masalah tersebut, dan aku memutuskan untuk kembali ke rumah orang tuaku. Tapi ia melarangku dan memukuliku, aku pasrah saja dengan semuanya. Aku bertahan dirumah dengan rasa sakit dan malu pada tetangga atas kejadian itu, sekali lagi aku bertahan karena sesungguhnya aku sangat mencintai suamiku, demi Allah SWT yang menciptakanku aku sangat mencintai suamiku, aku hanya ingin berpisah darinya dalam keadaan tidak bernyawa lagi didunia ini.

Semuanya berjalan normal lagi seperti bisaa, penuh kebahagiaan dan senyuman yang indah, aku sudah melupakan semua yang pernah terjadi selama ini. Aku mengabdi pada suami dan anakku. Pada bulan desember 2006, saudara sepupu menawarkan kepada suamiku mobil mereka dengan harga 10 juta rupiah. Suamiku tanpa mendiskusikannya denganku mengambil keputusan sendiri dan memberikan satu-satunya kendaraan kami kepada iparku untuk dijualkan untuk membeli mobil tersebut. Aku yang mengetahui itu sudah memiliki firasat yang kurang baik. Setiap ada sesuatu yang kurang baik aku selalu bisa merasakannya, aku tidak tahu apakah ini kelebihan yang diberikan Tuhan kepadaku. Tetapi aku selalu percaya dengan firasatku tersebut. Akhirnya apa yang aku khawatirkan itu menjadi nyata, kami ditipu oleh keluarga sendiri.

Aku memang agak terlalu ikut campur dengan setiap keputusan yang diambil suamiku, mungkin itu yang membuat suamiku sering memarahiku. Kami kemudian memutuskan untuk mencari rumah kontrakan baru, setelah mendapatkan rumah itu kami pindah dan berjualan kecil-kecilan dirumah. Sementara uang yang dipinjam sepupuku tersebut belum dikembalikan, aku selalu mendesak suamiku untuk meminta uang tersebut akhirnya terjadi lagi kontak dengan suamiku karena aku dianggap terlalu mencampuri urusan yang bukan urusanku, mungkin itu memang benar. Aku melakukan itu karena meraasa kami bukan orang yang punya kelebihan harta bahkan kadang kekurangan. Selama tinggal dirumah yang kami tempati kurang lebih 8 bulan ekonomi kami mulai membaik, kami bisa menabung.

Pada bulan September 2007 suamiku membeli mobil dari sepupuku dan dia juga sudah mengembalikan uang motor yang dulu di pakainya. Tetapi ternyata musibah belum berakhir, kami tertipu lagi. Kali ini uang yang ditipunya nilainya lumayan banyak. Lalu suami membeli motor baru dari dealer setelah sepupuku membayar sedikit uang dipakainya lalu, belum beberapa bulan motor dipakai suami sudah menjual lagi tanpa meminta pendapatku lagi, seolah aku ini bukanlah istrinya tempat berbagi suka dan duka, aku kecewa dengan perlakun suamiku, dan yang terjadi setelah ia menjual motor adalah ia juga tidak dibayar oleh orang tersebut sesuai perjanjian mereka.

Awalnya aku menyalahkan suamiku karena tidak pernah mau mendengarkan aku, tetpai apa mau dikata semua sudah terjadi walau ada sesal didada. Setelah semua urusan tipuan itu selesai, suamiku kembali membeli sebuah mobil lagi dari dealer mobil terkenal, awal suami menyampaikan niatnya itu aku sebenarnya kurang setuju karena kami belum memiliki tanah dan rumah. Aku inginnya kami memiliku rumah dan tanah dulu baru membeli kendaraan, tetapi suamiku sangat bangga kalau dikatakan punya kendaraan walau tidak punya rumah sendiri.

Aku tidak memaksa keputusanku, tetapi suamiku bisa memaksa kehendaknya jadilah ia membeli mobil. Setelah mobil yang indennya di dealer keluar kami pergi ke kampong orangtuaku untuk ziarah kubur yang sudah lama tidak kami ziarahi. Dalam hati ini selalu ada was-was kalau suamiku kdi rental mobil apa ia tidak akan tertarik dengan perempuan lain lagi? Itu terus-terusan ada dalam benakku. Sampai kemudian suami memutuskan untuk menjual lagi mobil yang baru debelinya kepada temannya. Aku benar-benar sudah tidak mengerti lagi jalan PIKIRan suamiku, sudah habis kesabaran ini. Apalah aku ini hanya perempuan yang menumpang hidup pada suami, dia bisa melakukan apapun tanpa mendengarkanku, sungguh hati ini sangat pedih melihat perlakuan suami padaku. Aku tetap basrah seperti bisaanya tanpa bisa berbuat apa-apa kecuali menurut apa kehendak suami.

Sebulan setelah menjual mobil ia belum mendapatkan harga mobil itu, sehingga kami selalu bertengkar. Aku benar-benr sudah kurang kesabaran dan menjadi orang yang selalu menyalahkan suami atas keputusannya sehingga selalu terjadi cekcok tiap hari antara kami. Selama suami kerja di rental mobil, ia benar-benar tidak punya waktu lagi untuk saya dan anaknya. Bangun pagi, pulang tidur sudah larut. Hubungan suami istri kami pun sudah sangat terganggu, aku yang sangat mengharapkan suami ada disampingku tidur hanya bisa menangis kalau ia pulang larut. Hati ini benar-benar tersiksa, kesedihan seakan sudah menjadi santapanku setiap harinya. Aku trus menangis jika ada hal yang bisa aku wujudkan dengan suami, tidak bisa tidur bersama seperti dulu. Ia sudah sangat berubah menjadi oranglain yang tidak aku kenal, jauh dari sosok abaruddin yang aku kenal dulu, apakah semuanya karena ia sudah memilki uang dan harta?

Setiap hari aku selalu dirundung duka atas sikap suamiku yang aku rasakan sudah berubah, tidak lagi menyayangiku seperti dulu lagi. Semuanya telah berubah, rumah tanggaku seakan seperti kertas kering yang terbang kesana kemari di tiup angina, aku hanya seorang perempuan dan istri yang kesepian. Benar-benar tidak ada tanda kehidupan di hati ini lagi semenjak perubahan sikap suamiku. Sebuah ujian dan musibah seakan silih berganti hadir dihidupku, aku hanya hamba Allah yang lemah tanpa ada perlawanan untukmelindungi diri, hanya pasrah dengan keadaan yang ada didepanku. Aku akhirnya menulis sebuah surat untuk suamiku sebagai wujud kekecewaan pada suamiku.

Aku menilis “Aku Akan Ikhlas JIka \memang ia sudah mendapatkan perempuan lain diluar sana yang lebih baik dari aku, mulai malam ini aku sudah mengharamkan diriku untukmu”

seandainya dia mengerti bahwa itu adalah curahan hati seorang istri yang di abaikan oleh suaminya sekian lama padahal masih hidup serumah dan bersama. Sebenarnya aku ingin dia berubah dan menjadi suami yang perhatian pada keluarganya bukan pada hal materi yang terus dikejarnya. Aku hanya seorang istri yang ingin suamiku mengasihaninya, memperlaukaknya selayaknya seorang istri. Tetapi ternyata ia menanggapi surat itu dengan pemahaman lain, ia tidak lagi menegurku, bahkan seperti sangat benci melihatku seakan-akan aku najis yang kotor dan tidak pantras untuk didekati apalagi dipegang. Aku menjadi lebih sedih lagi atas perlakuan suami, ingin rasanya aku mati saja daripada terus menderita begini.

Sebuah peristiwa yang tidak akan pernah hilang dari ingatanku selama aku masih bernapas dimuka bumi ini, malam iu aku menerima SMS untuk suamiku dari seorang perempuan dan mengatakan kalau ia sakit kepala. Ya Allah Ya Tuhanku apakah benar suamiku sudah memiliki perempuan lain diluar sana? Apakah benar apa yang aku rasakan beberapa waktu terakhir ini kalau suamiku sudah tidur dengan perempuan lain diluar sana sehingga ia selalu menghindari untuk berhubungan suami istri denganku dengan berbagai alas an yang ia berikan untukku? Ya Allah mengapa aku tidak pernah lepas dari penderitaan ini, mengapa aku terus dirundung duka karena suamiku selalu berhubungan dengan perempuan lain? Aku sangat kaget dan sedih, tidak pernah aku merasakan kesedihan seperti malam ini, dada ini rasanya maupecah dan jantung ini ingin berhenti berdetak saja.

Aku lalu membangunkan suamiku untuk menanyakan apa maksud SMS itu, ia hanya bilang kalau itu salah sambung. Aku sungguh tidak percaya, tidak percaya. Aku terus bertanya dengan nada yang sudah tidak bisa aku control lagi, tetapi ia terus mengelak, aku lalu mengambil Surat Nikah kami dan merobek didepannya. Saat itu aku tidak memikirkan apa resiko dari perbuatanku itu, aku hanya merasa sakit yang sangat sakit dan pengkhianatan suami padaku. Selama ini aku sudah mengabdi padanya dengan seikhlas mungkin , tertapi mengapa ia tega melakukannya pengkhinatan kepadaku?Aku Sedih Sekali Ya Tuhan, aku ingin mati saat itu juga agar tidak merasakan kesedihan lagi. suami akhirnya mengakui perselingkuhannya dengan perempuan itu dan mengatakan kalau ia sudah menikah dengan perempuan itu.

Hati perempuan mana yang tidak teriris mendengar pengakuan suami seperti itu, ia memutuskan untuk perrgi dari rumah meninggalkan rumah, meninggalkan aku dan anaknya. Anak yang sangat dicintainya dan lebih memilih bersama perempuan itu, aku hanya menangis dan menangis yang bisa aku lakukan menyesali perbuatanku dan takdir hidupku. Orang yang selama ini aku sayangi, aku cintai dengan segenap hati telah menyakitiku dengan pengkhinatan. Aku yang telah berkorban demi dirinya, sekalipun harus melakukan dosa yang amat besar di mata Allah SWT demi dia tidak tidur dengan orang lain, tetapi hanya seperti ini balasannya. Siapa yang tau nasib kehidupan rumah tanggaku sudah diujung tanduk?

Ya Allah apakah semua ini balasan dan hukuman ata dosa-dosaku dimasa lalu. Apakah aku sanggup memikulnya?aku benar-benar merasa tak berdaya dan rasanya ingin aku mengakhiri hidup ini karena beratnya beban yang ada dipundak yang sedang aku pikul. Mengapa dia tega mengkhianati kehidupan rumah tangga ini demi perempuan lain yang juga sudah memiliki keluarga sendiri. Apakah yang mereka rasakan? Apakah mereka berdua tidak lAgi memiliki hai nurani sebagai hamba Allah dimuka bumi ini? Aku tidak pernah menyakiti orang seperti apa yang mereka berdua lakukan kepadaku. Aku benar-benar tak sanggup berdiri bahkan untuk mengurus anakku rasanya semuanya sangat berat, akhirnya aku sering menitipkan anakku kepada tetanngga yang sudah aku anggap orangtuaku sendiri, dialah yang sering mengurus anakku saying jika aku terlalu larut dengan kesedihanku.

Aku sepertinya tidak dapat menjadi ibu yang baik untuk anakku dikala dia sangat membutuhkan aku ibunya. Aku terus memikirkan suami yang pergi bersama perempuan lain dan menelantar aku anaknya. Mengapa ia tega melakukan itu, pertanyan itu terus datang kepadaku tanpa pernah berhenti meminta jawaban. Selang beberapa waktu berlalu, suamiku tetap tinggal dluar rumah bersama perempuan itu, hatiku sangat sakit. Seandainya luka ini dapat dilihat,maka akan terlihatlah luka menganga nan lebar dan sakit tiada tara didunia ini, aku merasa akulah makhluk Allah yang paling menderita saat ini. Akhirnya seiring waktu aku mulai menyadari kalau aku tidak bisa terus dalam keadaan hancur seperti ini, atas saran orang tuaku aku datang ke seorang ustad untuk berobat. Dari situ aku mengetahui bahwa suamiku terkena guna-guna atau pellet dari perempuan itu. Aku sulit untuk percaya, aku merasa ini adalah takdir yang harus kuterima walau sangat berat tiada terkira. Aku memilih untuk mempercayai perkataan ustad itu dan berharap suamiku akan kembali kepadaku dan anakku lagi seperti dulu kala.

Aku tiada berhenti memohon kepada sang Rabb Pencipta. Setiap malam aku tak lupa melakukan shalat malam berdoa dengan keyakinan yang aku miliki, memohon agar Allah mengembalikan suamiku ke sisiku, aku tidak dapat hidup tanpa dirinya hanya ingin terpisahkan oleh kematian. setiap saat aku berdoa dan berdoa semoga Allah mendengar dan mengabulkan doa hambanya ini, doa orang teraniaya dan terzalimi oleh suaminya sendiri. Akhirnya Allah mengabulkan doaku, suamiku kembali ke rumah sebulan setelah ia tinggal diluar bersama perempuan itu, tapi ternyata itu hanya siasat suamiku agar tidak terus mengganggunya. Aku merasa seperti orang bodoh yang mau saja menerimanya walau mengetahui ia masih berhubungan dengan perempuan itu, mengapa ya Allah aku tidak bisa melawan bahkan untuk menolak dirinya kembali ke dalam hidup yang sudah menghancurkan hati dan jiwa ini? Jawablah pertanyaan dan doaku ya Tuhanku.

Malam ia kembali kerumah ternyata perempuan itu menelpon dan minta dijemput di suatu tempat setelah ia kembali dari kampungnya, aku sangat sedih dan sakit karena suamiku hanya memarahiku dan mengatakan kalau aku hanyalah orang suka mencari gara-gara tidak siang tidak malam tidak menginginkan kedamaian dalam hidup. Padahal aku hanya tidak ingin suamiku berhubungan lagi dengan perempuan itu. Tapi apalah arttinya diriku dimata suamiku air mataku tak ada artinya, kesakitanku tak bernilai, kepedihanku bukanlah sebuah hal yang menyentuh hatinya. Ia pergi menjemput perempuan itu dan meninggalkan aku dalam kesedihan, aku hanya bisa menangis menatap kepergian suamiku pada perempuan lain. Aku hanya menyerahkan diriku kepada Tuhanku, aku berusaha tetap berdoa dan membaca kitab suci yang aku yakini semoga Allah memberi petunjuk kepada suamiku.

Setelah kejadian itu aku sudah pasrah, apakah ia akan meninggalkanku dan anaknya selamanya demi perempuan yang sudah memberi kebahagiaan baru dalam hidupnya. Sebenarnya sejak kejadian dalam rumah tanggaku ini, orangtuaku sangat sedih dan tidak pernah menyangka kalau kehidupan rumah tangga anaknya akan jadi seperti sekarang, hancur oleh pengkhinatan. Mereka terus berusaha membujuk suamiku agar mau kembali ke rumah demi anak kami dan memaafkan kesalahan aku yang telah merobek surat nikah kami. Tapi suamiku tak bergeming sedikitpun dan bahkan menganggap kalau orang tuaku hanya mencampuri urusan rumah tangga kami, padahal kalau ia mau tahu orangtuaku sangat tidak menginginkan perceraian dalam rumah tanggaku, mereka ikut merasakan kesedihan yang aku rasakan, bahkan ibu yang sangat mencintaiku tidak pernah kering air matanya melihat kehancuranku. Ia terus menangis dan menangis sepreti diriku, ia terus berdoa memohon keselamatan rumah tanggaku. Hati ibu mana yang tidak sakit sepeti hati ibuku? Tidak ada, semuanya merasakan sakit itu.

Selama suamiku pergi dari rumah ia membawa uang hasil penjualan mobil kami dan memberikan usaha yang ada dirumah untukku dan anakku. Setiap hari aku lalui dengan penuh kesedihan dan penyesalan mengapa aku tidak dapat menjadi istri yang bisa membahagian suami malahan membuat suami pergi dari rumah dan mencari pengganti yang lebih baik dariku. Itulah penyesalan terbesar dalam hidupku, aku memohon dengan kerendahan hati dan kelemahanku sebagai seorang manusia, jika Allah akhirnya mengabulkan doaku aku akan memperbaiki segala kesalahan yang pernah aku buat dan tidak akan mengulanginya lagi. Tapi akankan itu terwuju? Hanya Allah yang Maha Mengetahui apa yang nyata dan tidak nyata.

Keesokan hari setelah kejadian suamiku menjemput perempuan itu, suamiku memilih untuk tetap tinggal dirumah walau ia tidak pernah tidur dirumah bersama kami. Ia memilih tidur diluar bersama perempuan itu, aku hanya menerimanya dengan kesakitan yang luar bisaa, beratnya cobaan yang sedang diberikan kepadaku ini ya Allah. Tetapi belum sehari aku merasakan kehadiran suamiku disampingku, muncullah kisah yang lebih sakit dari sakit apapun didunia ini. Malam harinya Aku mendapatkan suamiku duduk berdua bersama perempuan itu di depan mata kepalaku sendiri ditempat kerjanya, apa yang aku PIKIRkan saat itu? Tidak ada aku hanya kaget dan rasanya ingin aku memaki suami dan perempua itu dengan penuh kemarahan dan kekecewaan. Aku mulai memberontak ingin menyakiti perempuan itu dan menampar serta memukulnya, tapi apa yang terjadi? Sebaliknya suamiku yang memukuliku dan memaki-maki diriku didepan orang banyak dan mengatakan kalau ia tidak akan pernah lagi kembali kerumah selamanya dan akan memilih perempuan itu sebagai istrinya.

Oh Tuhan mengapa perlakuan suamiku yang aku cintai hanya seperti ini kepadaku, penuh dengan penghinaan dan sumpah serapah yang sangat menyakitkan? Benarkah suamiku terkena pellet itu sehingga begitu membenci diriku dan menginginkan aku pergi jauh darinya?............... sekali lagi aku hanya menangis dan menahan sakit ditubuhku ini, tapi sakit ditubuh ini tidaklah ada artinya dibandingkan dengan sakit yang ada dihati ini. Perkawinanku sudah tidak dapat dipertahankan lagi, ia sudah tidak menginginkan aku mendampingi hidupnya selamanya, ternyata ia sama saja dengan Almarhum ayahnya yang hanya bisa menyakiti wanita demi kepuasan dirinya sendiri.

Keesokan harinya ia kembali kerumah dan memaki-maki diriku perihal kejadian semalam, aku pun hanya berusaha menjelaskan apa keinginanku tapi ia tidak mau mendengarku dan terus memojokkan aku dengan suara yang amat keras dan penuh hinaan melecehkan. Adikku yang berada diluar tidak tahan lagi mendengar semua perkataan suamiku dan menegur suamiku agar tidak menyakiti aku lagi. Syetan sudah merasuki hati suamiku A dan kemudian memukuli adikku, aku yang masih syok dengan kejadian semalam lalu menarik baju suamiku dan menggigitnya untuk melampiaskan kemarahan dan kesakitanku. Apa yang aku lakukan tidak aku PIKIRkan lagi akibatnya, aku hanya ingin menyakitinya seperti ia menyakiti selama ini tanpa pernah memikirkan perasaanku, kesakitan tubuhnya yang dipukuli, aku menggigitnya sekuat tenaga yang aku miliki.

Bekas gigitan itu mengeluarkan darah, ia menjadi semakin murka kepadaku dan adikku, lalu menambil semua pakaiannya dalam lemari mengemasnya dalam tas untuk selamanya pergi dari kehidupan kami. Ia sangat marah dan mengancam akan melaporkanku dan adikku ke kantor polisi karena tindak penganiyaan yang mengakibatkan luka. Aku tidak takut dengan ancamannya, ia meminta surat nikah kami yang sudah aku perbaiki dan mengeluarkan segala sumpah serapah yang jika didengar begitu sangat menyayat hati.

Mulai detik kamu bukan lagi istriku, kamu tidak pernah memiliki suami dan sejak detik ini kamu sudah janda. Selama ini saya tidur dengan kamu Cuma keterpaksaan bukan karena cinta, pernikahan kita sebenarnya tidak direustui oleh keluargaku dan kamu tidak pernah masuk dalam hatiku. Potong tanganku jika aku kembali kepadamu saya bersumpah atas nama Allah dan Rasul semoga Allah mengabulkan doaku ini.

Itulah kalimat yang sampai aku mati dan masuk kedalam liang lahat akan selalu aku kenang dan kenang. Siapa yang pernah menyangka suamiku yang walaupun sering menyakitiku juga sering berbuat baik kepadaku dan keluargaku telah mengucapkan talak kepadaku saat ini?aku hanya terduduk lemas dilantai dan memohon ia tidak pergi, tapi ia tetap saja akan pergi dan memaksaku memberikan surat nikah itu karena akan melaporkannya ke pengadilan agama untuk bercerai agar ia bisa menikah dengan perempuan itu.

Aku menyerahkan surat nikah itu dengan hati yang hancur, segala harapan tentang kebahagiaan berumah tangga bersamanya telah sirna. Aku tidak tahu apa yang aku rasakan saat itu, aku tidak dapat mengeluarkan air mataku didepannya seakan telah kering selama duka yang aku rasakan selama ini dari dirinya. Sesungguhnya aku pun menyadari sebagai manusia aku juga tidak pernah luput dari dosa dan salah., tetapi haruskah kesalahanku itu menjadi alas an untuk dia mencari penggantiku? Sekali lagi aku tak tahu jawabannya karena aku tidak pernah berpikir sedikitpun untk mencari penggantinya jika ia yang melakukan salah kepadaku.

Aku hanya ingin kembali ke rumah orangtuaku jika masalah muncul di depanku dan aku sama sekali tak ingin menikah jika akhirnya berpsah dari suami. Tak pernah terpikir untuk mencari penggantinya. Akhirnya dia benar-benar pergi meninggalkan aku dan anakku demi perempuan itu, sejak kepergiannya hari itu aku dirundung duka yang sangat dalam. Setiap hari yang aku lakukan hanya bisa meneteskan air mata tanpa bisa aku tahan ketika memikirkan dirinya, apa yang ia lakukan bersama perempuan itu dan apakah ia benar-benar akan melakukan gugatan cerai ke pengadilan agama?

Aku terus saja memohon diberi kesabaran dan ketabahan yang lebih dari yang pernah diberikan Allah kepadaku. Akupun selalu datang kerumah Pak Uztaz untuk melakukan pencerahan hati dan juga berobat dimana menurut pak Uztas ayah anakku terkena santet perempuan itu. Wallahu Alam, aku hanya berusaha sekuat hatiku untuk mengembalikan ayah anakku kepada anakku. Walau dalam proses pengobatan aku sering merasakan sakit tapi aku tak pernah menyerah dan mengeluh, kulakukan semuanya dengan seikhlas hatiku memohon kemurahan hati yang Khalik untuk menyelamatkan rumah tangga ini dari kehancuran.

Waktu terus berjalan dan yang aku rasakan tak ada perubahan dari pengobatan ini, suamiku tak kunjung melihat aku dan anakku sejak kepergiannya hari itu. Dan hari yang aku selalu pertanyakan dalam hati ini “Apa ia akan benar-benar menggugatku di pengadilan agama?” ya, ia benar melakukannya. Hari itu aku mendapatkan surat panggilan sidang dari pengadilan agama, aku bagai tersambar petir. Kakiku tak dapat menahan badan ini, semuanya terasa sunyi. Ya aku pingsan tak kuat menahan derita ini. Aku sungguh tak menyangka ia tega melakukannya, tetapi nasi sudah jadi bubur.

Atas saran orangtuaku dan keluargaku, aku diminta melapor tindakan suami ke kantor polisi dengan aduan perzinahan dan penelantaran keluarga. Awalnya aku ingin melakukannya, tetapi setelah aku berPIKIR dan memohon petunjuk dari sang Pencipta dalam shalat malamku, aku urung melakukannya karena hatiku sangat yakin suamiku akan kembali kepadaku dan anakku. Atas sikapku itu aku sangat dimarahi oleh keluargaku dan mengatakan kalau aku orang yang sangat lemah dan mau saja disakiti tanpa berbuat apa-apa. Aku menerima semua perkataan keluarga tanpa perasaan marah apalagi dendam, aku tahu mereka sedih sekali melihat aku diperlakukan tidak adil oleh suami, sering dibohongi, dan disakiti. Aku tahu mereka ingin melihatku dan anakku bahagia,tidak ada kesedihan dan air mata lagi. Tapi mau bagaimana, dia adalah suamiku yang aku sayangi. Aku tidak tahu mengapa cinta ini tak pudar saja dengan segala sakit yang diberikannya untukku, aku ingin melupakannya dan menghilangkannya dari hatiku selamanya tapi tidak bisa melakukannya walaupun sangat ingin. Hanya satu kata aku mencintainya setulus hati. Selama dia menggugatku dipengadilan dia tidak pernah datang menjenguk anaknya, entah apa yang dilakukan dan diPIKIRkan sehingga setega itu kepada kami. Akku terus mencari jawabannya tanpa henti tak jua menemukan jawabannya.

Malam sebelum sidang perdana perceraian itu, aku datang ke sebuah tauksiyah oleh Uztad jefri seorang uztas yang kondang. Aku rela datang seorang diri malam itu untuk mendapatkan ketenangan dihati dan jiwa yang rapuh ini. Ya aku mendapatkannya, aku benar-benar merasa malam ini aku diberikan cahaya dihati sehingga tidak terlalu memikirkan masalah yang sedang aku hadapi. Tapi masalah muncul saat aku akan pulang ke rumah, karena jarak rumah dengan mesjid itu sangat jauh aku tidak menemukan kendaraan/angkot untuk pulang waktu sudah larut malam. Aku terus berjalan memohon kiranya ada yang mau menolongku mengantar kerumah. Trus sja aku berjalan dan sedikit menangis karena takut dengan jalanan yang aku lalui gelap, ya Allah kiriimkan seseorang yang mau mengantarku.

Sejenak aku diam berdiri menunggu kendaraan tapi tak satupun yang lewat, aku memberanikan diri menahan sebuah motor yang aku tidak kenal dan meminta tolong mau mengantarku pulang. Alhamdulliah bapak itu mau mengantarku, aku bersyukur akhirnya ada yang menolongku. Aku sama sekali tak mengenal orang itu, hanya doaku selalu sampai sekarang semoga bapak tersebut dan keluarganya selalu dalam lindungan Allah SWT. Aku sampai juga dirumah walau waktu sudah sangat larut, lalu aku mengambil air wudhu untuk shalat.

Dalam shalat itu aku memohon diberi kesabaran yang lebih dan ditingkatkan ketaqwaabku dihadapan Tuhanku. Semoga dengan segala ujian yang datang bertubi-tubi ini aku dinaikkan kelas ketaqwaanku. Besoknya aku menghadiri sidang itu dengan perasaan takut dan sedih jika akhinya takdir memisahkanku dari suami. Sesampainya disana suamiku sudah ada dan kami berbicara empat mata bahwa dia mau kembali kerumah tetapi sudah terlanjut melakukan janji dengan kedua orang tua perempuan itu untuk menikah bahkan segala keperluan menikah sudah disiapkan. Dihadapannya aku tidak menunjukkan reaksi yang berlebihan tetapi sebenarnya hati ini lebih teriris dan tersayat sembilu mendengar ucapan y\itu. Aku hanya berkata kalau mau kembali janganlah menikah dengan dia, batalkan saja segala janji pada orang tuanya. Aku sama skali tak tahu apa yang ada dibenak dan hati suami, dalam persidangan ia mengatakan di depan hakim kalau ia mau kembali ke rumah tetapi masih mencari cara untuk meninggalkan perempuan itu tanpa sakit hati. Itulah ucapan yang membuat aku sedikit merasakan harapan kalau suamiku yang aku sayangi akan kembali kepada kami.

Aku begitu senang dan bersyukur akhirnya jalan yang aku tunggu-tunggu selama kurang lebih 2 bulan kepergiannya akan terbuka. Sepulang kerumah aku menceritakan hasli sidang itu kepada orangtuaku dan mereka sangat bersyukur bahkan ibuku sudah berniat akan melakukan puasa sunat jika suamiku benar-benar kembali kerumah. Hari itu aku bisa merasakan udara plong masuk ke paru-paruku dan begitu nikmatnya dan lahapnya aku makan setelah beberapa lamanya aku tidak dapat makan sehingga badan ini sangat kurus sekali.

Malamnya suamiku datang kerumah dan mengatakan kalau perempuan itu ingin bertemu denganku dirumah salah seorang temannya. Tanpa pikir panjang aku langsung menyetujui permintaan suamiku dan aku punya kesempatan untuk berbicara langsung dengan perempuan yang sudah merebut suamiku itu. Aku tak pernah berPIKIR apa yang sedang direncakannya bersama perempuan itu dirumah temannya, aku tulus datang meminta pad perempuan itu untuk meninggalkan suamiku dan ia kembali kepada keluarganya. Sekali lagi kekecawaan besar ada didepanku, setelah aku berusaha membujuk perempuan itu tanpa hasil, sebaliknya suamiku mengatakan kalau ia menikah dengan perempuan itu atas persetujuan mertuaku yang jauh di daerah lain. Aku benar-benar menangis pilu mendengar ucapan suamiku didepan perempuan itu, ia sangat merendahkan dan menghina diriku ini.

Orang-orang yang aku harapkan dapat menjadi penolong untukku dimalam itu tak dapat berbuat apa-apa. Suamiku hanya diam dan menatap tajam kepada perempuan itu, mengabaikanku disampingnya. Ya Allah cobaan apa lagi yang aku terima ini, mengapa tak henti ujian datang kepadaku. Kalau memang ia bukan jodohku maka biarlah hati ini tidak lagi memikirkan dan mengharapkan ia kembali kepadaku. Hati ini skali lagi merasa terzalimi oleh kelakukan orang-orang yang aku sayangi, aku kembali ke rumah dengan kesedihan dan tangis pilu. Aku langsung shalat memohon ampunan atas dosa-dosaku dan janganlah anakku menanggung dosa yang aku dilakukan diwaktu sekarang. Biarlah apa yang aku rasakan sekarang Kesedihan Ini dan kehancuran ini untukku seorang, anakku tidak akan pernah merasakan hal seperti yang aku rasakan sekarang. Aku meminta petunjuk kepada Sang Khalik apa yang dapat aku lakukan sekarang. Keesokan harinya aku memutuskan untuk pergi keluar kota tempat dimana aku dilahirkan dan dibesarkan, aku kembali ke kampong halamanku dan sementara tinggal dirumah sanak saudaraku. Dalam perjalananku itu aku terus mengingat hal-hal yang dilakukan suamiku kemarin kepadaku segala janji palsunya untuk kembali kerumah.

Dia telah berhasil membuatku menjadi manusia paling menderita saat ini, paling terpukul dan paling terzalimi. Aku datang kekota kelahiranku untuk menghilangkan kesedihanku, aku banyak berkunjung kerumah saudara yang selama ini jarang aku datangi. Dilain waktu aku mendatangi orang-orang yang dianggap memiliki kelebihan untuk berobat. Aku menginnginkan agar dapat diobati hati ini dengan cara menghilangkan segala ingatanku tentang memori suamiku, aku sungguh ingin melupakannya dan meninggalkannya selamanya seperti yang sudah dilakukannya untukku.

Tapi tak seorangpun dapat menolongku, aku hanya disarankan untuk bersabar karena sesuatu yang baik pasti akan datang. Ingin rasanya kepedihan ini berakhir sudah, tidak sanggup aku terus menangis setiap saat ketika mengingat suamiku bersama dan tidur dengan perempuan lain. Aku benar-benar inginmelupakannya selamanya namun tak kuasa hati ini melakukannya. Apakah ini cinta sejati aku tak tahu apa itu arti cinta sejati. Hari terus berlalu dengan ketidakpastian tentang rumah tanggaku, tentang nasib pernikahan kami yang sudah hampir tercerai berai karena kesalahan kami berdua. Sekali lagi aku terus dan terus memohon kesabaran dan ditingkatkan ketaqwaanku kepada Sang Khalik.

Ya Rabbi aku tak sanggup dengan derita ini, aku sungguh tak sanggup, apa yang terbaik untuk kami maka tunjukkanlah jalannya dan berilah keikhlasan di hati ini walau berat. Selama ku tinggal disana tak ada sedikitpun waktu tanpa memikirkannya sampai suatu saat anakku jatuh sakit. Aku sedih karena seorang diri tanpa suami yang menemaniku mengurus anak kami. Aku sangat berharap ia mau datang dan menemani kami berdua, tak pernah terjadi hal itu.ia sungguh tega melakukan ini pada anaknya yang sedang sakit, menelepon untuk menanyakan kabar anaknya tak pernah ia lakukan. Setiap pertanyyan yang ada dihati tak pernah mendapat jawabannya,

Sungguhkah ia sudah melupakan kami berdua orang yang selama ini sangat disayanginya dan mengorbankan apapun demi kami hanya karena perempuan lain yang sudah hadir dalam hidupnya sekarang? Jawab aku ya Tuhan, jawab aku. Aku butuh jawaban yang pasti sehingga tidak akan pernah menyesali apapun yang aku lakukan kelakk. Ketika waktu sidang yang kedua sudah dekat jadwalnya, aku memutuskan kembali ke kota untuk mengikuti sidang itu apapun nantinya yang terjadi perpisahan sekalipun harus aku terima.

Aku dan anakku akhirnya bertemu dengan orang yang kami rindukan. Hati ini sangat bahagia melihat wajah yang sudah lama tidak aku lihat. Hati ini berdebar seperti saat pertama kali kami berpacaran. Aku bahagia melihat wajah itu walau dengan kepedihan. Ternyata diluar dugaanku, suamiku sekali lagi mengatakan akan kembali kepada kami betapa bahagianya hati ini mendengarnya semoga ini bukan hanya akal=-akalnnya lagi seperti dulu, itupinta hati ini. Tapi satu hal yang sangat mengganjal adalah kata-katanya kalau mereka sudah menikah dan perempuan itu sedang mengandung anaknya. Aku menjadi sangat egois dan mengatakan gugurkan saja anak itu. Sama sekali aku tak berpikir saat itu kalau itu adalah sebuah dosa yang menambah dosa yang sudah dilakukan sebelumnya. Aku hanya ingin suamiku kembali ke sisiku.

Hati ini tak henti menangis mendengar pengakuan suamiku walalu didepannya aku tak menunjukkan tangisan itu, Memang benar dia tidak datang ke sidang itu, jadi aku pun tak datang. Ia berniat untuk kembali ke rumah karena perempuan itu sedang ke kampungnya juga. Ia mengatakan akan mencari cara bicara dengan perempuan itu ketika kembali nanti bagaimana caranya ia akan kembali kerumah tentunya dengan cara yang tidak menyakitkan hati perempuan itu. Tapi jauh di.dalam hati ini mengatakan tidak akan ada hati yang tidak sakit ketika ditinggalkan oleh pasangannya karena aku sudah merasakannya. Biarlah itu diraskaannya juga ketika dia mengambil suami dari sisiku. Aku menjadi sangat egois dan egois.

Keputusan suamiku untuk kembali tidak lama berlangsung, ke esokan harinya ia tidak jadi kembali kepada kami dan tetap tinggal bersama perempuan itu, bahkan ia dengan beraninya membawa perempuan ke rumahku mempertemukanku dengannya. Aku sangat kaget ia masih tega melukaiku lagi, aku tidak tahu apa niat mereka berdua datang menemuiku. Hanya satu yang aku tahu perempuan itu datang untuk membuatku aku semakin sakit dalam duka dan luka, ia dengan sangat jelas mengatakan kalau sedang mengandung anak suamiku dan mereka sudah menikah secara sirri. Ingin rasanya saat itu aku mati saja dan tak pernah kalimat itu keluar dari mulut perempuan itu, siapakah istri didunia ini tidak sedih mendengar kalimat seperti itu, tolong jawab siapa…………………………….?

Mereka meninggalkan rumah dan sakit untukku, aku langsung menangis sejadi-jadiny didalam kamar, jika saja bunuh diri dihalalkan aku akan melakukannya sesegera mungkin agar tak ada lagi sakit yang menghimpit dada ini, aku yakin anak yang dititipkan kepadaku oleh yang Kuasa pasti akan dijaga-Nya karena ia adalah titipan-Nya. Lama aku terdiam dan berpikir yang jernih jika aku melakukan itu orang yang menyakitiku hanya akan tertawa dan bergembira riang di atas pusara dan batu nisanku. Aku urung melakkukan niat putus asa ini, aku teringat dengan sebuah ayat di Alquran bahwa Allah tidak akan menurunkan sebuah cobaan yang tidak akan sanggup dipikul oleh hamba-Nya dan jika aku bisa melewati ujian itu aku akan naik nerajat dihadapan-Nya.

Aku menghubungi orangtuaku dan menceritakan apa yang baru saja aku alami, mereka sangat marah dan menganggap penghinaan ini tak dapat lagi ditolerie oleh mereka. Selama ini mereka tidak pernah mau bertemu dengan suamiku karena masih menghargaiku yang masih berharap dapat rujuk lagi dengannya. Tapi dengan kejadian ini semua itu tak mereka pikirkan lagi, bahkan aku sudah diharamkan untuk rujuk dengan suamiku. Kalau aku nekat melakukannya mereka akan membuangku dari keluarga dan aku tidak akan mengakui aku lagi. Aku sangat bingung tidak tahu lagi mau bagaimana, tetap berusaha mempertahankan rumah tangga ini walau hanya dari aku seorang saja atau menuruti keinginan orangtuaku yang sudah sangat berjasa kepadaku sejak aku lahir sampai detik ini bahkan tidak akan bias aku membayar jasa mereka itu. Akhirnya aku sampai pada keputusan untuk tetap mempertahankan rumah tangga walau tanpa restu lagi dari orang tuaku yang sudah sangat marah padanya karena aku yang terus dizalimi selama ini. Sebenarnya kalau mau mengetahui hati ini, sangat sedih dengan keputusan ini.

Aku menyakiti hati mereka berdua dan keluarga besarku, kembali menerima orang yang telah menzalimi dan menghina serta menyakitiku lahir batin, tapi bagaimanapun dia ayah dari anakku, aku sungguh tidak dapat memikirkan bagaimana nasib anakku kelak tanpa ayahnya. Apakah aku sanggup menghidupnya seorang diri, bagaimana jika Allah SWT mengambil orangtuaku kembali ke hadiratNya, apa aku bias menghidupi anakku. Itulah banyak pertimbangan yang akhirnya membuat aku mengambil keputusan ini, sebenarnya aku memang masih sedih dengan perlakukan suamiku, apalagi selama tinggal dengan perempuan itu ia sudah menghabiskan seluruh hartanya demi perempuan itu. Ia membelikan seluruh kelengkapan rumah tangga sedangkan aku yang sudah beberapa tahun bersamanya tidak pernah dibelikan barang rumah tangga bahkan untuk setrika yang kecil itu ataupun piring dan gelas.

Dengan sikapnya ini apakah ia bias disebut adil..? apakah dia sudah memiliki criteria untuk berpologami. Belum, dia sama sekali tidak memiliki kemampuan berpoligami bahkan hanya akan menyakiti salah satu pihak dan menyenangkan satu pihak lainnya. Setelah ia kembali kerumah keadaan tidaklah sama seperti dulu lagi, ia lebih banyak diam memikirkan perempuan itu dan bahkan saling smsan didapan mataku. Sesungguhnya hati ini pedih melihatnya tapi tak pernah kutunjukkan kepedihan hati ini, biarlah Sang Khalik yang melihat luka ini berdarah dihati. Kami melakukan hubungan selayaknya pasangan lainnya tapi itupun hanya difisik saja bukan dihati dan aku merasakannya.

Ya Allah mengapa aku masih mau memaafkan dan menerima ia kembali ke kehidupanku..? bukankah lebih baik aku hidup tanpa dirinya sehingga tak ada lagi yang akan menyakitiku, menghinaku, memukulku dan menginjak-injak harga diriku sebagai seorang perempuan dan seorang ibu? Jawablah aku Ya Rabbi, hati ini masih mencintainya walau disakiti. Beri aku petunjuk yang benar dan nyata bukan petunjuk atas hawa nafsu dan godaan syetan. Aku ingin benar-benar mengambil keputusan yang terbaik untuk kami. Aku sudah terlalu banyak disakiti dan disakiti. Aku tahu kalau selama ia kembali kerumah ini ia masih bersama perempuan itu diluar karena ia tidak pernah tidur lagi dirumah. Perempuan itu sudah dating dari kampungnya. Aku hanya ingin menaggap kalau semua ini hanya sebuah selingan menyedihkan dalam kehidupanku didunia ini. Aku tidak terlalu mengambil pusing dengan kebersamaannya dengan perempuan itu, mungkin karena terlalu pedihnya hati ini sehingga tidak merasakan lagi kesakitan yang dia berikan. Aku tetap menjalani kegiatankku sehari-hari bersama anakku karena memang aku sudah tinggal sendiri, semua saudaraku sudah keluar dari rumah diusir suamiku yang tidak ingin melihat mereka karena kebencian dihatinya. Kadang perasaan sedih seorang diri menghampiriku dan aku menangis lagi mengingat kesendirianku ini. Ingin rasanya aku bias berkumpul lagi dengan keluargaku semuanya.

Akhirnya keputusan dating dari suamiku, ia memutuskan untuk pergi dari rumah dan bahkan kalau ada laki-laki yang mau denganku ia akan rela.Aku kaget mendengar kalimat itu keluar dari mulut suamiku sendiri, seandainya kalimat itu keluar dari mulut oranglain mungkin tidak akan seperti ini perasaanku. Setelah kupikir-pikir biarlah ia pergi selamanya, aku hanya meminta ia pergi setelah mengambil awal puasa dirumah dan setelahnya ia bias pergi. Orang tuaku yang mendengar hal itu sangat marah sekali, mengapa suamiku masih bersikap begitukepada saya masih ingin meninggalkanku lagi demi perempuan itu.

Mungkin inilah yang terbaik sekarang, dia pergi dari kehidupan kami berdua. Biarlah ia menjalani kehidupan barunya diluar sana, aku dan anakku juga akan melanjutkan kehidupan kami. Orang tuaku dating menemuinya untuk menanyakan apa maksud dia mau meninggalkan kami berdua, ia mengatakan kalau itu adalah yang terbaik untuk kami semua apalagi rumah tangga kami sudah tidak direstui lagi. Orang tuaku sangat marah mendengar kata-kata yang keluar dari mulutnya, ia sama sekali tidak menghargai kedua orang tuaku. Ketika aku ditanyakan tentang keputusanku, aku sudah pasrah tidak ingin lagi mempertahankan rumah tangga ini karena terlalu banyak yang merasa sakit jika aku mempertahankannya. Setelah kedua orang tuaku kembali, aku mengatakan kepadanya pergilah selamanya aku tidak akan mempertahankan lagi semuanya, cukuplah aku berusaha selama ini tapi tidak dengan dirimu. Engkau tak ada usaha untuk mempertahankan rumah tangga ini dan bahkan menuruti keinginan wanita itu. Aku sudah pasrah dengan tadirku kali ini.

Tapi sesuatu yang tidak pernah aku pikirkan sebelumnya, akhinya dia memutuskan untuk benar-benar kembali ke rumah selamanya. Kali ini aku tidak terlalu kaget mendengarnya karena sudah terlalu sering dia mengatakan itu tapi buktinya dia pergi lagi. Aku menyampaikan maksud suami ke orang tuaku, mereka yang awalnya sangat marah dan tidak ingin lagi bermenantukan diriinya menayakan kepadaku .”Sebenarnya bagaimana perasaanmu kepadanya Nak..? aku mengatakan kalau aku memang masih mencintai dirinya tapi tak mungkin aku bersamanya jika tak ada lagi restu kalian sebagai orang tuaku. Mereka sungguh orang tua yang berhati mulia, mereka mengizinkan aku untuk kembali rujuk dengannya walau aku tahu luka dihati mereka berdua tidak akan pernah hilang seperti juga yang aku rasakan. Aku bersyukur diberi orangtua seperti mereka yang sangat pengertian dan penuh kasih kepada anak-anaknya.

Keputusan akhir ada ditanganku, menerimanya kembali atau tidak sama sekali? Hanya shalat yang bias aku lakukan untuk mengambil keputusan yang bijak, setelahnya aku mengambil nafas dan mengatakan baiklah kita tidak usah berpisah karena aku masih menyayangimu setulus hati ini walau sudah terluka. Kami berdua berusaha untuk mencari prngobatan alternative yang bias menghilangkan perasaannya kepada perempuan itu, banyak orang yang aku temui dan mengatakan kalau suatu saat ia akan melupakan perempuan itu. Aku tidak yakin, karena segala yang terjadi dalam kehidupan manusia sudah terekam diotak / memori kita sehingga kita pasti akan tetap ingat kejadian di masa lalu. Begitupun dirinya dan diriku, pasti ingat semua yang pernah terjadi. Alhamdulillah selama beberapa hari kami bersama tidak ada pertengkaran yang terjadi, karena aku berusaha untuk menghindari hal tersebut. Bulan Ramadhan pun tiba, ya ia ada dirumah bersamaku dan anakku merayakan awal bulan Ramadhan ini walau menurutku itu semua hanya keterpaksaan darinya tapi aku wajib mensyukuri nikmat ini karena kalau aku senantiasa bersyukur sekecil apapun nikmat itu niscaya akan ditambahkan-Nya untukku.

Hari-hari berlalu seperti biasa, setiap ada sesuatu yang dilakukannya apalagi kalau menyangkut hpnya yang berbunyi tengah malam aku selalu khawatir kalau itu dari perempuan itu yang akan mengganggu kami lagi. Hidupku terus dibayang-bayangi perempuan itu. Setiap aku melakukan sesuatu utamnaya ketika aku tidur dengan suami hati ini teriris pedih mengingat bagaimana ia tidur dengan suamiku, aku tidak mau munafik kalau aku sangat membenci wanita itu yang sama sekali tidak berperasaan menurutku.

Pada suatu waktu, aku memaksa suamiku untuk tidur denganku karena memang telah lama ia tidak mau tidur denganku semenjak kembali kerumah dengan alas an yang beragam.

Ia langsung memarahiku dan mengata-ngataiku dengan kasar, aku hanya menangis seperti inikah rasanya ketika kita ingin tidur dengan orang yang kita sayangi hanya ini yang didapatkan. Bagaimana perilakunya pada perempuan itu, pasti tanpa dimintapun ia akan melakukannya. Aku langsung mengatakan kepadanya kalau aku memang bukan perempuan itu, tubuhku jelek, wajahku jelek, kulitku tidak mulus. Ia sangat marah dan langsung masuk kamar, tanpa kutahu ternyata ia menghubungi perempuan itu dan mengatakan kalau ia akan ke kampong perempuan itu.

Aku mengetahui itu ketika selesai shalat subuh, hpnya berbunyi dan ada sms masuk dari perempuan itu. Aku memang kaget tapi tidak lagi seperti dulu perasaanku, ketika ia bangun aku katakana kalau ada sms masuk dan aku mempersilahkan ia untuk berkemas berangkat ke kampong perempuan itu. Karena aku tidak ingin terus disakiti dan dibodohi d, dibohongi, biarlah semua terjadi. Mungkin benar kata orang, lebih sekarang ia mengkhianatiku ketika aku masih memiliki satu anak, daripada nanti ketika aku sudah memiliki banyak anak akan lebih menyakitkan. Nyatanya ia tidak pergi, ia tetap memilih ada dirumah. Mungkin apa yang dilakukannya itu hanya luapan emosinya malam itu padaku. Kami melupakan apa yang terjadi malam itu dan aku tidak pernah lagi berusaha untuk merayu dia, biarlah semua berjalan apa adanya kalau ia ingin aku akan melayaninya kalau tidak aku juga tidak akan memaksanya.

Saat ini aku hanya menganggap diriku seperti seorang istri yang tidak bersuami, suami jauh dirantau orang. Hari-haripun berlalu lagi tanpa terasa, memasuki hari raya idul fitri ia memutuskan untuk tidak bersilaturahmi dengan keluargaku, aku tidak memaksanya karena orang tuaku pun tidak mempermasalahkan hal itu. Mereka malah menyuruhku untuk tetap bersama suamiku pada saat lebaran itu padahal aku sangat ingin berkumpul bersama mereka memohon ampun atas kesalahanku yang sangat banyak ini pad mereka. Kami berlebaran bersama, setelah shalat aku ke rumah orang tuaku bersilaturrahmi dan ia tetap dirumah. Setelah masa itu semua kembali normal seperti tak ada masalah, aku tidak ingin memperlihatkan keadaanku yang sebenarnya pada suami.

Aku ingin ia melihatkku dengan seyuman dan kebahagiaan diwajahku ini, seandainya hati ini dapat dilihat secara kasat mata, akan terlihat hati yang berdarah penuh luka dan akan terus meneteskan darah sampai kering dan mati. Itulah keadaan hati ini, aku senantisa teringat bagaimana ia memperlakukanku dulu, bagaimana perlakukannya terhadap perempuan itu. Mereka sering keluar bersama setiap waktu sedangkan untukku hanya dianggap membuang waktu dan uang serta tenaga tidak ada yang istimewa untukku tapi aku tetap harus bersyukur. Sampai suatu ketika malam tahun baru, peristiwa yang menyakitkan dating lagi di kehidupanku. Telah beberapa hari sebelumnya ia memang sering melihatku dengan wajah kurang bersahabat seakan aku menyakitinya padahal demi Allah aku sama sekali tidak pernah menyakiti apalagi melakukan sesuatu yang buruk dihadapannya. Ia mengataiku Bodoh, tidak berpendidikan sehingga aku balas menjawab ya aku memang bodoh, lemah, tidak berpendidikan. Seandainya aku orangyang pintar, mungkin sudah kumasukkan ia ke penjara bersama perempuan itu yang sudah melakukan perzinahan dan perkawinan sirri tapi aku tidak melakukannya karena tidak ingin melihat orang yang aku sayangi berada dibailik jeruji, biarlah aku dikatakan orang bodoh, lemah, terlalu menuruti perasaan wapi aku tidak menyakiti orang yang aku sayangi.

Kata-kataku ternyata semakin membuat ia murka, selanjutnya ia memukuliku, menginjak-injak tubuhku dilantai, menarik rambutku, memukul tengkukku, menampar mulutku, menendang kakiku. Semuanya terasa sangat menyakitkan apalagi ia juga mengusirku dari rumah, hari itu aku melihat seorang suami yang beringas dan buas, aku diperlakukan seperti binatang. Aku hanya bias menangis, ingin rasanya aku kembali ke pangkuan orang tuaku walau hidupku susah dalam ekonomi aku tidak ingin ia terus menyakitiku ketika ia marah kepadaku tapi aku masih ingat dengan anakku yang masih kecil, apakah ia sudah siap untuk kehilangan orangtuanya ketika ia masih sangat membutuhkan kami? Aku ikhlas menerima sakit ini demi anakku tersayang, biarlah aku disakiti dan dizalimi yang penting anakku tetap bersama orang tuanya.

185 komentar:

  1. super'''' sakit tetap bertahan oh tuhannnn .. beri semangat bwt perempuan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi bilan kepada saya kalau DIMAS KANJENG PRIBADI bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI dimas dan dengan senan hati DIMAS KANJENG PRIBADI ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi DIMAS KANJENG PRIBADI,di 082319930479 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan DIMAS KANJENG, dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya Ataumencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama DIMAS KANJENG dan dia memberikan nomor DIMAS KANJENG,dia
      HUBUNGI MBAH KANJENG TAAT PRIBADI DI 082319930479
      INFO SILAHKAN KUNJUNGI WEBSITENEYA DI KLIK DISINI
      KALAU PENGEN MASALAH ANDA CEPAT TERSELESAIKAN

      beliau juga melayani :

      1.PESUGIHAN UANG GHOIBKLIK DISINI
      2.SANTET KLIK DISINI
      3. TUYUL KLIK DISINI
      4. melipatgandakan uang KLIK DISINI
      5.togel KLIK DISINI
      INFO SILAHKAN KUNJUNGI WEBSITENEYA DI KLIK DISINI
      dalam proses menjalani kehidupan sudah pasti kita akan mengalami berbagai macam permasalahan dan kesulitan dalam menjalaninya,
      baik dari segi keluarga, pekerjaan, ekonomi bahkan permasalahan yang menyangkut diri pribadi.
      Namun kita harus tetap berpikir jernih dan tenang dalam menjalani proses kehidupan ini.
      Jika anda mengalami hal tersebut marilah kita cari solusinya.
      Silahkan hubungi saya, dan kita bersama-sama belajar menyelesaikannya.
      Sms/call ke 082319930479
      INFO SILAHKAN KUNJUNGI WEBSITENEYA DI KLIK DISINI

      Hapus
  2. Napa sih gk ditingl aja...kan anakny bru satu ibu,...tuh laki2 gk bakalan berubah...bukan manusia tapi binatang suami kmu it

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di negara kita ada lembaga yg melindungi wnt dr kdrt memperjuangkn hak wnt ats nafkah knp ga dimanfaatkn bu? PUSAT PELAYANAN TERPADU WANITA KORBAN KEKERASAN DAN ANAK2 di Polda

      Hapus
    2. Kasian sekali nasib mu ibu, sebaiknya kamu tinggalin aja tuh laki2. Daripada menderita, kmu jg punya hak utk bahagia tanpa ada dia

      Hapus
    3. Kasian sekali nasib mu ibu, sebaiknya kamu tinggalin aja tuh laki2. Daripada menderita, kmu jg punya hak utk bahagia tanpa ada dia

      Hapus
    4. Assalamu'alaikum Ibu? Nyonya... masih pernah dijengukkah blog ini.. cuman satu postingan aja yaa... semoga anda selalu dirahmati Allah SWT, dan telah menemukan kebahagiaan bersama keluarga dan orang yang dekat di hati anda saat ini... Dari cerita diatas pemasalahan mendasarnya adalah terlalu cinta dan terlalu cemburu, bahkan cemburu pada cerita masa lalu orang tua suami/mertua... diikuti perangai suami yang tak mau mengerti dan temperamental.Saat terlalu cinta maka akan selalu diikuti kecemburuan dan was-was pada suami, takut kehilangan dia, dan sebaliknya saat kehilangan pijakan suami meninggalkan maka akan menerima kembali bagaimanapun kondisi perangai sang suami. Secara emosi saya juga bilang tinggalkan sj suami anda, tp yg tau dan bisa menimbang hati dan cinta dihati anda adalah anda sendiri, saya hanya bisa mendoakan semoga anda saat ini telah sangat berbahagia, dan bisa mengurangi cinta anda pada suami anda itu, semua itu hanyalah keduniaan yang pasti berakhir, ada yg lebih harus dicintai Allah Tuhan kita... yang tidak hanya di dunia namun berefek pasti di akhirat

      Hapus
  3. RAHASIA KEKUATAN SEX PARA RAJA
    Akar Kuat Jalu untuk Suami yang
    sayang isteri. Menambah keras dan
    tahan lama bisa berulang-ulang
    minimal dapat ngasih 3 kali orgasme.
    Akar ini
    juga meningkatkan zat
    Pheromone tubuh Anda sehingga isteri
    Anda akan semakin merasa bergairah
    kepada Anda.
    Murah hanya Rp10rb utk 3 X bercinta.
    Terserah Anda apakah mau beli lima
    atw sepuluh pcs, yang jelas sekarang
    Anda dapat pesan langsung ke Aki Giri
    Singadirdja 081296465649.
    beli 20 pcs gratis ongkir ke seluruh
    Indonesia. Makasih yaaa…

    BalasHapus
  4. Sering2 dengr Radio rodja, 756 Am

    Bisa dkonsultasikan dsitu

    BalasHapus
  5. Halo, nama saya Fredricka, seorang korban penipuan dari tangan pemberi pinjaman saya telah penipuan semua yang paling 129 juta, karena saya butuh modal besar 500 juta, saya hampir mati, tidak ada tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya .. saya tidak bisa berdiri lagi .. semua hal ini terjadi September 2014, tidak semua sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke seorang ibu yang baik Mrs Diana yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya , ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu Anda, bahwa mereka banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui ibu Diana, melalui email. dianarobertloanfirm@accountant.com dan dianarobertloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; fredrikamikaela @ yahoo. com untuk informasi perlu know.please dia satu-satunya tempat yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Tidak ada pajak. Tidak ada asuransi untuk membayar .. Terima kasih

    BalasHapus
  6. Ibu..ikhlaskan melepas suami ibu ya. Tak ada yg melebihi cinta di dunia selain kepada tuhan. Ibu harus kuat Dan pasti bisa. Tuhan Sudah menunjukkan firasat pada ibu

    BalasHapus
  7. Cinta itu seharusnya membahagiakan bu,, bukan menyakiti. Ada pepatah apabila kita melihat pada satu arah, maka hanya satu jalan yang telihat, tapi apabila kita melihat ke berbagai arah, maka ibu akan dapat beberapa jalan untuk bisa dilalui. Mungkin saja dia bukan cinta sejati ibu,, mungkin saja diluar sana sebenarnya Allah telah menyiapkan jodoh sejati ibu.

    BalasHapus
  8. Kuat sekali hati mbk, mudah2an suami dy kelak tidak seperti suami anda. Membayangkan saja sakit

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Mb sungguh dahsyat kesabaran yg kau miliki. Ak mpe kgum, ak sndri pling eg bs disakiti ap lg suami.
    Ak ad crta ttg saudaraku yg terkena pelet, mau gmn az ssh smbuh. Akhirny ad yg kenal ma kyai, dia dmintakan air putih yg didoakan dg ayat2 AllaH SWT.
    Eg lama dia smbh, bhkn pelet tu blik kepemiliknya.
    Skrg yg melet tu gila.cobalah mb selagi masih dijalan Allah SWT.
    Memang berat tgglkn org yg qt cintai. Suami mb bs hlg cntanya ma mb tp lain ma anak. Eg mgkn orgtua mnelantarkn ank dmi prmpuan lain.
    Malah krn anaklah kita bs mndptkn cinta suami lebih besar lagi.

    BalasHapus
  11. be wise y mb....jgn ingat cintanya mb saja.ingat si kecil.dy prlu kondisi hati mb yg baik utk mmbntu merawat dan menjaganya.kalo hati mb sedih terus,saya kwtir mb ujungnya jd depresi,smntara kelakuan suami bikin mb jd emosi.kondisi rmhtgga yg demikian gk baik bwt prkmbangan psikis si kecil mb.Mb syg si kecil kan?dy butuh mb dlm keadaanmb bhgia.lahir batin.single parent itu tdk salah kalo kondisinya demikian.dan sy yakin mb psti snggup.bissmillah.mb bisa cri kerja apa sj yg halal.ank bsa titip sm ibu bpk.lbh baik mb kmbali dan brbakti sm mereka.bahgiakan si kecil dsna.toh suami yg mb cintai jg sdh mmilih jlnnya sendiri.klo Allah msh menginginkanmb dan suami berjodoh,Allah sanggup melakukn apa aja buat menyatukankembali kalian brdua.tp jika tidak,Allah punya rncana lain yg lbh indah buat mb dan si kecil.Amien.semangat mb...

    BalasHapus
  12. Baba wale
    Saya disebut Baba wale, mantan spiritualis
    dengan spiritualis AIM. Dia adalah dari Ogun, Nigeria dan belajar di Yendi
    SMA & Money Making Rahasia Terungkap. Dia sekarang tinggal di Ijebu,
    Ogun, Nigeria. Baba wale telah memberitakan Injil 'mendapatkan
    cepat kaya 'dan memamerkan mata uang yang berbeda disimpan di lemari es, mikro
    gelombang, koper, dll termasuk juju nya di halaman facebook-nya. Berikut adalah beberapa komentar yang diposting di

    Halaman facebook-nya:

    Jangan pernah mengambil dewan dari alam kemiskinan jika Anda ingin tinggal di
    bidang kekayaan. Jangan biarkan kemiskinan mengambil alih Anda, nether masalah Anda
    mengatakan itu keluar dan Anda akan mendapatkan solusi untuk masalah itu. Komentar Lebih
    & Pics setelah dipotong ...)

    Jangan menyembunyikan sakit atau masalah ur, mengatakan
    itu dan akan memecahkan, Anda memiliki sesuatu untuk berbagi dengan saya merasa
    bebas untuk menelepon atau meninggalkan pesan.

    Untuk solusi
    masalah dan beberapa masalah saya membantu ...... membantu siswa ...... ..giving
    orang ajaib ...... mengobati kegilaan ......... perjalanan
    masalah ...... masalah mata ......... rusak.
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: babawale11@yahoo.com atau Call me bantuan: dis adalah nomor baru saya

    +2348149716413

    BalasHapus
  13. BERGABUNG BARU DUNIA HARI INI ILLUMINATI: Apakah Anda seorang politisi, mahasiswa, pengusaha, atau wanita, jika Anda

    Keinginan KEKAYAAN, DAYA, PENGARUH, ingin menjadi bintang, dan menjadi selebriti berpengaruh dan Anda ingin Anda

    mimpi datang melalui, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan that.join Illuminati besar hari ini untuk mendapatkan $ 15.000 setiap

    3 hari dan $ 200.000 keanggotaan berkat bagi lakukan dan bergabung dengan apa yang Anda sukai

    best.Contact: Illuminati0101@hotmail.com, dan kaya selamanya ..

    BalasHapus
  14. ISTRI LUAR BIASA.SEMOGA SUAMI IBU CEPAT SADAR

    BalasHapus
  15. ISTRI LUAR BIASA.SEMOGA SUAMI IBU CEPAT SADAR

    BalasHapus
  16. IYA MEMANG KAMU ADALAH ISTRI YG CUKUP LUAR BIASA ORA UMUM,MOGA SECEPATNYA ALLAH BERI HIDAYAH BUAT SELAMA-LAMANYA...

    BalasHapus
  17. Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Jika dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau utang untuk menyelesaikan, atau apakah saya perlu pinjaman untuk memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan itu sulit bank lokal / modal yang ingin mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lain? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pembiayaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

    * Kredit Kendaraan
    * Real Estate Pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Lainnya
    * Kredit
    * MasterCard

    Silahkan hubungi kami melalui e-mail: Saya Theresaloancompany@gmail.com
    Catatan: Pinjaman memberikan tingkat bunga tahunan hanya 2%. Harap Anda akan diberikan kredit di negara manapun di dunia harus perumahan.

    Kebutuhan pelanggan, kita perlu memberikan informasi berikut untuk membuka file proses pemberian kredit.

    1. LENGKAP NAMA: ...............................
    2. ALAMAT: .............................. .. ...
    3. KERJA: .....................
    4. NEGARA: ........................
    5. KONDISI: ........................ ..
    6. Kota: ...........................
    7. SEX: ............................
    8. Umur ........................... ..
    9. PONSEL NOMOR: ............ ..
    10. JUMLAH KREDIT DIBUTUHKAN: ..........
    Penghasilan 11.Monthly ..................
    12.DURATIO dari: ..................... ..
    13. PINJAMAN TUJUAN ...............

    Terima kasih atas kerja sama anda
    Theresa PINJAMAN PERUSAHAAN
    ALAMAT EMAIL: Saya Theresaloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  18. lelaki seperti itu memang harus ditinggal.tetapi hati seorang istri itu luar biasa dia mempertahankan rumah tangga walau hatinya tersakiti memang sesungguhnya orang yang bersabar akan mendapatkan kebahagiaan kalo bukan di dunia di akhirat.seorang istri yang rela berjuang untuk mempertahan rumah tangga itu bagus dibandingkan seorang istri yang berhianat semoga kisah ini membawa kita sebagai manusia agar tidak terlalu mempermainkan janji karena janji itu tidak munkin akan di buktikan kalo hanya lewat mulut tetapi harus dari hati yang paling dalam dan memang manusia itu tidak terlepas dari namanya dosa nafsu dunia smoga kisah ini menjadi contoh bagi para pasanggan agar tidak saling menyakiti satu sama lain

    BalasHapus
  19. Halo, saya Mrs Kathleen Campbell, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman., Komersial dan pribadi dengan tingkat bunga tahunan yang sangat minimum serendah 2% dalam waktu 1 tahun sampai 20 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Dan kami memberikan pinjaman di kisaran $ 2.000 sampai $ 100.000.000,00 USD.Our pinjaman benar diasuransikan dan keamanan maksimum adalah prioritas kami, saya menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan dukungan yang handal dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: kathleenloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  20. Halo, saya Mrs Kathleen Campbell, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman., Komersial dan pribadi dengan tingkat bunga tahunan yang sangat minimum serendah 2% dalam waktu 1 tahun sampai 20 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Dan kami memberikan pinjaman di kisaran $ 2.000 sampai $ 100.000.000,00 USD.Our pinjaman benar diasuransikan dan keamanan maksimum adalah prioritas kami, saya menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan dukungan yang handal dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: kathleenloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  21. Makanya qt jadi perempuan harus pintar dan berpendidikan!!klo suami macem2 qt bisa melawan

    BalasHapus
  22. Huhu...saya baca kisah ini awal.nya prihatin n sedih..lama kelamaan jd muak n bosan krn itu2 aja jalir cerita nya kembali ke suami nya.klu beneran suami da bs menyiksa batin n fisik buat apa di pertahankan..sebegitu besarkan cinta anda ya mbak pd suami anda?dari pada cinta anda pd allah?

    BalasHapus
  23. Huhu...saya baca kisah ini awal.nya prihatin n sedih..lama kelamaan jd muak n bosan krn itu2 aja jalir cerita nya kembali ke suami nya.klu beneran suami da bs menyiksa batin n fisik buat apa di pertahankan..sebegitu besarkan cinta anda ya mbak pd suami anda?dari pada cinta anda pd allah?

    BalasHapus
  24. Huhu...saya baca kisah ini awal.nya prihatin n sedih..lama kelamaan jd muak n bosan krn itu2 aja jalir cerita nya kembali ke suami nya.klu beneran suami da bs menyiksa batin n fisik buat apa di pertahankan..sebegitu besarkan cinta anda ya mbak pd suami anda?dari pada cinta anda pd allah?

    BalasHapus
  25. Terlalu berlebihan mencintai sesuatu...termasuk mencintai suami...termasuk mencintai pernikahan yg tidak sehat.

    BalasHapus
  26. Terlalu berlebihan mencintai sesuatu...termasuk mencintai suami...termasuk mencintai pernikahan yg tidak sehat.

    BalasHapus
  27. semoga mbak bisa segera menemukan kebahagian mbak yang sebenarnya, entah apa itu jalannya,
    dan semoga cerita mbak bisa bermanfaat bagi orang lain untuk lebih bijak mengambil keputusan, amiin

    BalasHapus
  28. Kasih hadiah bom TNT biar meledak tu org g berguna!

    BalasHapus
  29. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

    BalasHapus
  30. Ini adalah kesempatan bagus dibawa ke anda oleh perusahaan pinjaman Starla. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk tujuan apapun? Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 3% dan proses pinjaman membutuhkan waktu 2 hari dari aplikasi untuk pendanaan. Hubungi kami sekarang melalui email: starlaloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  31. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!!
    Saya nama feyilfatma, tinggal di Indonesia, saya adalah seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    Media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena mereka everywhere.Few bulan yang lalu saya finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan bernama pinjaman online. Aku tidak kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs theresa yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai aku melihat angsuran pertama saya peringatan 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Ms. Theresa melalui: theresaloancompany@gmail.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: feyzilfatma@gmail.com

    BalasHapus
  32. Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kredit palsu lender di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya pernah tertipu dan ditipu di sini online sebelum seorang teman yang mendapat pinjaman baru menghubungkan saya dengan seorang wanita bernama Ibu Glory yang merupakan CEO dari Glory Badan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman 500 jt dengan tingkat bunga rendah dari 2%, tidak ada jaminan, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu mimpi datang melalui, jumlah pinjaman saya 500 juta dikreditkan di rekening bank saya hanya dalam selang waktu dua jam. Jadi saya ingin saran mereka sedang mencari untuk pinjaman di sini secara online harus berlaku untuk perusahaan asli, cepat hubungi sekarang email: di gloryloanfirm@mail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di dewiputeri9@gmail.com untuk info lebih lanjut.

    BalasHapus
  33. jangan Anda memiliki semua jenis kesulitan keuangan? Anda Perlu pinjaman untuk melunasi utang? adalah Anda dalam krisis keuangan? mempercayai kami untuk memperlakukan semua jenis pinjaman, lihat di bawah. Kami terdaftar dan
    Perusahaan berwenang untuk mengeluarkan pinjaman sebesar 2%, dengan durasi minimal 6 bulan dan durasi maksimal 30 tahun.
    Kami memberikan pinjaman untuk minimum pada tahun 2000 sampai maksimal 100 juta.
    menawarkan layanan yang berbeda BAWAH *
    Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Tanpa Jaminan Aman dan)
    * Perbaikan rumah
    * Inventor Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Pernikahan Mortgage
    * Kesehatan Pinjaman, dll
    Jadi .. jika Anda tertarik, silakan kembali ke kami melalui email kami ukfinancailpay1@outlook.com
    Allah segala sesuatu mungkin

    BalasHapus
  34. Halo, nama saya Mia Mulyadi. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  35. Maaf tapi mungkin suamimu lebih tenang dengan yang lain kerana kamu terlalu berlebihan dalam mencintai suamimu dan agak mementingkan diri. Kalau kamu benar2 ikhlas suamimu dengan wanita lain kenapa kamu sanggup berniat memukuli wanita itu dan menghasut suamimu menggugurkan kandungannya? Kamu racun untuk suamimu dari awal pernikahan dengan sifat was2 mu dan memandang hina akan sejarah keluarganya dengan memburuk2 kan ayahnya justeru kamu hanya mendengar kisahnya dari pihak ketiga bukan. Kamu juga ingin memiliki suami mu seutuhnya tanpa mempedulikan perasaan wanita lain. Ku yakin wanita itu melayani suamimu sesuai dengan cintanya untuk suamimu tapi tak pernah menghinamu atau meminta mu tinggalkan suaminya kan. Itu juga suaminya kan walaupun lebih lambat darimu kan. Lantas kau ingin wanita itu mengurangi kualitas layanan nya untuk suami mu demi kamu? Jangan asyik menyalahkan orang lain. Dan jika kamu memilih untuk terus bersama suamimu, jangan bersikap tamak dan meminta suamimu buat macam2 terhadap wanita yang juga dicintai nya selain dirimu. Itu hanya membuat suamimu tertekan. Ku yakin suamimu ingin menjadi adil dan juga sangat mencintaimu tapi ianya juga ingin pengertian2 bukan tuduhan2 darimu.
    Lelaki secara natural nya mempunyai nafsu yang bercabang terhadap2 banyak wanita dan itu normal bukan bermaksud dia tidak mencintaimu.
    Justeru kamulah yang perlu mendokongnya tanpa terlalu memikirkan kepentinganmu. Aku tidak menyebelah mana2 pihak tapi aku tidak menyetujui jika kamu memburukan orang lain dan merasakan hanya kamu yang terzalimi. Ini bukan curhat. Ini dendam. Ia kamu solat. Tapi solat dan keikhlasan hati dua perkara dan kewajipan yang berbeza. Kamu mungkin tidak mampu mengubah orang lain tapi kamu mampu mengubah hatimu. Kamu harus redha ikhlas dengan sebenar2nya. Bukan terhadap suamimu sahaja tapi juga terhadap madumu dan bapa mertuamu tanpa mengharapkan balasan dari suami mu. InsyaAllah Tuhan akan memberi mu yang terbaik. Cintailah suami mu dengan sederhana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana jika mbak di posisi wanita yg di atas, saya curiga mgkn mbak jg istri kedua ya..jd tidak merasakan sakitnya menjadi istri pertama yg tiba2 suaminya menikah lg. Jauh dalam lubuk hati perempuan akan merasakan sakit. Istri nabi kita pun prnah merasa cemburu kan, sampai pohon kurma pun kering. Sya tidak membela penulis atau menyudutkan mbak. Tp sya mengalami apa yg penulis alami. Bedanya, saya survive menjadi single parent dgn 2 anak. Allah berikan rezeki untuk sya dgn menjadi wanita karier, hingga lupalah semua hal yg pernah suami dan perempuan itu lakukan trhadap saya. Pesan untuk semua perempuan, jika sudah tidak sanggup pertahankan rumah tangga maka lepaskanlah. Ada anak2 yg sangat membutuhkan kita, apa jadinya kehidupan anak2 dlm situasi rumah tangga yg tidak baik. Kita hanya akan sibuk meratapi rasa sakit kita dan kurang perhatian pada mereka.

      Hapus
  36. Kuatkan saja hatimu...jadlah kuat pergi tinggalkan dia ...kalau terasa sesak bersamanya berarti km ga ikhlas...dari skrg cobalah mandiri wlpn perlahan lahan...lelaki semakin menjadi dan sesuka sendiri kalau ia tau km b3rlebihan mencintai...hibur diri sendiri dan percantik diri

    BalasHapus
  37. Kpd mba yang nulis curhat ini..sabar ya mba..semoga mba kuat...kalo memang udah ga kuat ya mulai hidup baru tanpa lelaki itu..

    Buat fazila jusoh: saya hanya bisa mendoakan semoga anda mengalami apa yang mba ini alami biar merasakan apa yang dia rasakan...aammiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin dia pernah jadi perempuan lain dirumahtangga orange lain ya..

      Hapus
    2. Mungkin dia pernah jadi perempuan lain dirumahtangga orange lain ya..

      Hapus
  38. Barat Drive, 60F
    D-40212 Auxtin, Texas
    USA / Texas
    Email: Gracemorganloancompany@gmail.com
    Jumlah pajak: 133/5805/2033
    Pengadilan Distrik Texas, HRB 56 768
    Authority: Texas Dewan

    Halo semua, saya MRS GRACE MORGAN.
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman proyek?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar pinjaman utang?
    "Pinjaman Investasi" penawaran
    Anda tidak memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silakan email kami sekaligus, kami menjamin perawatan segera
    Dalam 24 jam.
    Kami menawarkan jumlah pinjaman dari EUR 2000-900000 dan Term Pembayaran
    (1-30 tahun) untuk pembayaran.
    Hubungi: Gracemorganloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    BalasHapus
  39. Halo semua,
    Saya Ibu Sandra Ovia, uang pemberi pinjaman pribadi, Apakah Anda di kredit buruk? Apakah standar keuangan Anda perlu perbaikan? Aku mengoperasikan terdaftar dan disetujui pemerintah lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu untuk tingkat bunga 2%. Aku memberikan pinjaman lokal dan internasional untuk setiap tubuh membutuhkan pinjaman, dan yang bersedia untuk membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau bank cek bersertifikat untuk apa yang pernah negara Anda. Saya tidak bank dan saya tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan kami. Anda dapat menghubungi kami melalui sandraovialoanfirm@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
  40. kenapa suami selingkuh...dan bermain hati dg perempuan lain..smua intinya hnya kenyamanan aja.mgkn krn suami sudah muak dan tdk nyaman ama mba..tdk ada ketentraman drmh.krn suami nya mba bisa memilih wanita lain dr mba..pd dasarnya laki2 emg suka bermain d luar.bkn krn ada masalah dgn istri.tp cuman cri sensasi berbeda.tp jika istri drmh baik.suami tdk akan main hati d luar.paling cuman sex doank.tp kalau sampai main hati dluar.berarti dia emg udh gk nyaman drmh.selalu d tuduh2..membuat dia bnr2 melakukannya.saya crta krn saya prnh mngalami.laki2 main d luar itu rata2 mank psti trjdi.tp asalkan tdk ketauan dan ttp plg dan syg istri.ya udh..gk ush marah2,,,ttp aja baik dan senyum..org jahat klw d baikin trs.lama2 luluh koq..

    BalasHapus
  41. Apakah Anda mencari bantuan keuangan, Apakah Anda sangat membutuhkan bantuan keuangan?
    Terlihat ada jauh sebagai perusahaan Gochel Keuangan sini untuk memberikan Anda jumlah pinjaman yang diminta Anda asalkan Anda akan dapat membayar kembali pinjaman.
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 4% dengan tidak ada pemeriksaan kredit dan email jaminan 100% melalui HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM.
    Anda dapat menghubungi kami untuk setiap jenis kredit termasuk kredit mobil, pinjaman bisnis, pinjaman rumah, Startup Pinjaman, dll Untuk lebih jelasnya atau menerapkan email kami HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM

    BalasHapus
  42. Anda sebenarnya sudah ditalak 3 oleh suami anda, anda sebaiknya pisah, dia sudah haram buat anda. Ketika suami berucap2 kali sebenarnya itu sudah masuk hitungan, lepaskan dia mba. dia sudah tidak halal

    BalasHapus
  43. Mksud saya kalo dihitung dari makian pertama dan terakhir. sudah talak 3 itu, dan harus pisah secara Islam tidak bisa. itu yg saya tau

    BalasHapus
  44. Saya sangat senang dan memutuskan untuk berbagi kebahagiaan saya dengan Anda semua, saya dan keluarga saya telah diberkati oleh Tuhan menggunakan Sandra Ovia Loan Firm, saya mengajukan pinjaman satu minggu lalu dan saya mendapat pinjaman disetujui Jumat lalu dan hari ini saya punya saya pinjaman senilai Rp900,000,000.00 ditransfer ke rekening bank saya, saya sarankan Sandra Ovia Pinjaman Firm sebagai yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka ke depan, Amin
    Jika Anda membutuhkan saran tentang bagaimana saya pergi melalui dengan itu, saya wil senang untuk menempatkan Anda melalui, Anda dapat menghubungi saya melalui Email-widyaokta750@gmail.com
    Anda dapat menghubungi firm pinjaman langsung pada mereka
    Email-sandraovialoanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Widya Okta

    BalasHapus
  45. APAKAH ANDA PRIA BISNIS / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda bisa memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Seks: ______________________
    Usia: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  46. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  47. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  48. Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  49. Ya Allah mb yg sabar,,,Allah tidak tidur..mnding mb pisah saja apalagi sudah di talak kok masih tinggl serumah yah ?

    BalasHapus
  50. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  51. Halo semuanya,

    Apakah Anda mencari pinjaman? Bisnis Kredit, Kredit Tanpa Agunan, Kredit Pemilikan Rumah, Kredit Mobil, Pinjaman Mahasiswa, Konsolidasi Utang Kredit, Pinjaman Tanpa Jaminan, Venture Capital, dll Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk alasan apapun. Saya George Jackson, pemberi pinjaman pribadi, pinjaman untuk bisnis dan individu dalam tingkat bunga rendah dan terjangkau suku bunga 2%. jika Tertarik? Hubungi kami hari ini via email: georgejacksoninvestment2016@gmail.com dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini.

    Terima kasih dan Harapan untuk mendengar dari Anda segera.
    Email: georgejacksoninvestment2016@gmail.com

    BalasHapus
  52. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  53. Halo, saya Ibu Linda Mark, seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda dalam utang buruk? Anda ingin memperluas bisnis Anda, membayar tagihan Anda, renovasi rumah atau jika Anda memerlukan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dimengerti.
    hubungi kami melalui email: (. lindamarkloancompany @ gmail com)

    BalasHapus
  54. Hello klien dalam kesusahan,
    i SURF internet sebagai agen terkemuka dan perusahaan yang dapat diandalkan, Cahya Kirana Kredit Terbatas. perusahaan pinjaman kami bersertifikat. Saya ingin meyakinkan Anda bahwa kami dapat membuat impian keuangan Anda datang melalui. semua yang perlu Anda lakukan adalah kembali kepada kami pada cahya.creditfirm@gmail.com email kami dan memulai proses pinjaman Anda. Jika pinjaman Anda disetujui oleh perusahaan kami, Anda akan mendapatkan sertifikat persetujuan dan pinjaman Anda akan dikirim langsung ke rekening Anda, dan juga membuatnya untuk kepuasan Anda yang sebabnya kami memberikan pinjaman kepada pelanggan kami dengan tingkat 2% menilai. Jadi kembali ke kami sekarang, jika Anda membutuhkan pinjaman hari ini. cahya Kirana Pinjaman Firm Terbatas, kebahagiaan Anda adalah sukacita kita.

    BalasHapus
  55. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  56. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kredit
    * Personal Loan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  57. kebodohan yang dipelihara atas nama cinta,apakah baik menyatakan memikirkan anak yg membuat pernikahan diupayakan berlanjut,sementara anak menyaksikan ibunya dipukuli,dianiaya ayahnya?
    Allah memberikan jawaban atas doa ibu,tetapi ibu yg mengingkari jawaban Allah,artinya ibu lebih mencintai suami penyiksa dibanding mencintai Allah yang menyayang ibu,apakah ini benar menurut ibu?
    Dapat disimpulkan bahwa jodoh ibu dengannya sudah berakhir sejak ucapan suami yg bernafaskan talak,ibu saja yg mengingkarinya,bahkan mengingkari ketulusan keluarga yang sudah membela ibu.Jadi nikmati saja derita itu,karena itu pilihan ibu sampai mati nampaknya.Meskipun disesalkan berlangsungnya kebodohan yang tak kunjung disadari.

    BalasHapus
  58. Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,. Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

    BalasHapus
  59. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  60. Nama saya Mrs Omar Zainab, Saya seorang pemberi pinjaman uang pribadi yang terdaftar sah dalam memberikan pinjaman kepada individu, bisnis pria, wanita dan juga untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan di Indonesia dan di seluruh dunia. Kami di sini untuk memberikan baik jangka panjang atau jangka pendek pinjaman, pribadi atau hipotek, pinjaman Anda dapat ditransfer melalui kertas kerja atau check Kami akan memberikan yang terbaik ketika Anda menghubungi perusahaan kami. Di bawah ini adalah email kontak kami
    (Zainabomarloanfirm@gmail.com) atau (omarzainabloanfirm@outlook.com)

    BalasHapus
  61. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  62. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  63. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  64. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 1,5%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  65. Saya ibu Lucy, pinjaman kreditur "Managing Director
    solusi pinjaman, saya bersedia untuk meminjamkan pinjaman dengan tingkat bunga
    2%, Kami menawarkan pinjaman kepada badan-badan komersial dan swasta mulai dari
    $ 10.000 untuk maksimal $ 500.000.000 dengan jangka waktu 1 sampai 25
    tahun, Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dan tidak ada pemeriksaan kredit, kami
    menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi utang, modal ventura,
    pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, kredit rumah atau "pinjaman untuk
    Alasannya! Namun, metode kami, menawarkan Anda kesempatan untuk menyatakan jumlah
    pinjaman yang dibutuhkan dan juga durasi yang Anda mampu, kami sangat
    bersertifikat dan terdaftar, kami berdua diasuransikan maksimum pinjaman
    keamanan prioritas utama kami,

    Kami menggunakan transfer bank dalam pengiriman pinjaman kepada banyak klien kami
    dan itu akan mengambil masa kerja maksimum 12 JAM dan Anda
    jaminan mendapatkan didanai, Jika Anda tertarik, silakan isi
    out Peminjam Pinjaman Aplikasi dan mengirimkannya kembali kepada kami untuk lebih lanjut
    Proses.

    Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
    Nama Lengkap (s):
    Usia:
    Alamat jalan:
    negara:
    Nomor kontak:
    Jumlah Pinjaman Diminta:
    Pinjaman Tujuan:
    Durasi Pinjaman:
    Status Pekerjaan:

    Kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.
    Hormat kami
    Lucyloancompany

    Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  66. Perhatian !!! Menawarkan pinjaman

    i am Mr Roland Woodgate pemberi pinjaman pinjaman pribadi. kami memberikan
    semua jenis pinjaman, kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 3%
    dan kondisi kerja yang baik, jika Anda membutuhkan pinjaman untuk bisnis atau untuk membayar
    tagihan Anda maka Anda disarankan untuk menghubungi kami sekarang untuk kami membuat kualitas
    layanan yang akan membuat Anda puas.

    email kami sekarang: trustfuns31@yahoo.com

    PINJAMAN LAYANAN TERSEDIA TERMASUK:
    ================================
    * Pinjaman Komersial.
    *Pinjaman pribadi.
    * Kredit Usaha.
    * Investasi Pinjaman.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman Konstruksi.
    * Kredit Usaha Dan banyak lainnya:

    kami membuat semua jenis pinjaman pelayanan yang baik, hubungi kami melalui email: trustfuns31@yahoo.com

    Terima kasih

    mr Roland

    BalasHapus
  67. Hari yang baik,

    Kami menawarkan pinjaman kepada orang yang memerlukan bantuan kewangan dengan rendah
    kadar faedah sebanyak 2%. Dalam usaha untuk mendapatkan pinjaman dengan syarikat ini, anda
    boleh memberitahu jumlah sebenar pinjaman yang anda perlukan dan masa di mana anda
    boleh membayar balik pinjaman. jadi jika berminat sila berikan maklumat anda di bawah
    butiran sah hubungi kami dengan butiran kami di bawah supaya kami boleh meneruskan
    untuk menghantar syarat-syarat pinjaman dan syarat kami.

    MAKLUMAT PINJAMAN DIPERLUKAN:

    Nama:
    negara:
    Nombor telefon :
    Jumlah Diperlukan sebagai pinjaman:
    Tujuan pinjaman:
    Tempoh Pinjaman:
    Pendapatan bulanan :
    Pernahkah anda memohon untuk pinjaman dalam talian sebelum (ya atau tidak)

    KAMI HUBUNGAN SYARIKAT:

    Pengurus Syarikat: Bishop Diurapi
    Email: (bishopanointedloanfirm@hotmail.com)
    Motto Syarikat: Kebahagiaan anda adalah Anugerah kami untuk Perkhidmatan Baik (mendapat
    pendirian kewangan anda adalah semua yang kita inginkan)

    Selamat sejahtera,

    Bishop Diurapi

    BalasHapus
  68. Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) atau (queendanielloanfirm@yahoo.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus
  69. Halo, aku Mrs. Ayesha Sadeeq, manajer Pinjaman Sadeeq invetments, Apakah Anda dalam utang yang buruk? Anda ingin memperluas bisnis Anda, membayar tagihan Anda, renovasi rumah, atau jika Anda perlu tujuan keuangan assistance.Our adalah untuk memberikan kehidupan yang lebih baik kepada orang-orang di seluruh Globe dengan tidak ada biaya untuk kebijakan aplikasi pinjaman Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dipahami.
    hubungi kami melalui email: (sadeeqinvestmentplan@gmail.com)

    BalasHapus
  70. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kami meminjamkan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat yang sangat rendah 2%.
    Kami memberikan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.
    Terapkan Sekarang Via Email: Maryharryloanfirm@gmail.com
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Mary

    BalasHapus
  71. Am ibu Lucy, pemberi pinjaman "Mengelola solusi Direktur Kredit, saya bersedia untuk meminjamkan pinjaman dengan tingkat bunga 2%, Kami menawarkan pinjaman kepada badan-badan komersial dan swasta mulai dari $ 6,000dollars sampai maksimal $ 10,000,000dollars dengan jangka waktu pinjaman dari 1 25 tahun, Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dan tidak ada pemeriksaan kredit, kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman konsolidasi utang, modal ventura, pinjaman koperasi, pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, kredit rumah atau "pinjaman untuk Alasan The! Namun, metode kami, menawarkan Anda kesempatan untuk menyatakan pinjaman jumlah yang dibutuhkan dan juga durasi yang Anda mampu, kami sangat bersertifikat dan terdaftar, kami berdua diasuransikan keamanan maksimum pinjaman prioritas utama kami, Kami menggunakan transfer bank dalam pengiriman pinjaman untuk banyak klien kami dan itu akan mengambil jangka waktu maksimum 12 JAM kerja dan Anda menjamin untuk mendapatkan didanai, Jika Anda tertarik, silakan isi keluar Peminjam pinjaman Aplikasi dan mengirimkannya kembali kepada kami untuk Proses lebih lanjut.

    Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
    Nama Lengkap (s):
    Usia:
    Alamat jalan:
    negara:
    Nomor kontak:
    Jumlah Pinjaman Diminta:
    Pinjaman Tujuan:
    Durasi Pinjaman:
    Status Pekerjaan:

    Kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.
    Hormat kami
    Lucyloancompany

    Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  72. Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
    Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  73. Selamat siang semua orang saya Zalina Dianto Kota Malaka malaysia saya akan senang untuk berbagi kisah sukses besar yang terjadi dalam hidup saya untuk semua orang tahu bahwa dalam kehidupan Anda mungkin memiliki waktu yang buruk jangan khawatir waktu yang baik pasti akan datang hanya bersabar dan memiliki fokus mendapat bagian dari pengalaman hidup saya, saya ingin mengucapkan terima kasih (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) untuk kebaikan mereka, ketulusan, setia dan kejujuran pada hidup saya. Hanya beberapa bulan Kembali, saya mencari pinjaman dari Rm165,000.00 seperti saya kehabisan uang untuk bisnis saya dan saya tidak bisa membayar tagihan dan pekerja saya lagi. Saya scammed RM37,000 pengalihan palsu penipuan pinjaman ATM dan saya memutuskan untuk tidak mendapatkan terlibat dalam bisnis seperti lagi saya tidak pernah tahu bahwa sebuah perusahaan nyata seperti (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) masih ada di Asia sampai mantan tennate saya (Mr Budi Jurjani) yang bercerita tentang sebuah perusahaan mengakui pinjaman besar di Asia saya meminta nya untuk alamat dia mengatakan kepada saya mereka berada di Arab Saudi namun memiliki email (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) karena penampilan dan perbuatan saya dia meyakinkan saya bahwa jika saya menerapkan saya akan memberikan kredit untuk bisnis pada awalnya saya berdebat dengan dia saya meyakinkan ketika ia mengatakan kepada saya bahwa uang yang kita membayar utang dan memulai bisnisnya adalah dari ((AASIMAHA Adila AHMED pINJAMAN FIRM) yang merupakan perusahaan asli, meskipun saya tidak pernah percaya padanya, saya membuat sidang dan saya senang saya lakukan, saya diberi jumlah pinjaman dari Rm165,000.00, oleh perusahaan ini ((AASIMAHA Adila AHMED pINJAMAN FIRM) tidak ada biaya transfer atau pendaftaran Jika Anda membutuhkan asli, pinjaman legit atau bantuan keuangan dan Anda dapat diandalkan, terpercaya dan mampu membayar kembali pada saat jatuh tempo dana saya akan saran Anda untuk menghubungi :( aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) dan Anda bebas dari penipuan di internet. Semua berkat (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) untuk memulihkan kehidupan ke bisnis saya. Apakah Anda dari Asia dan di luar mencari pinjaman yang sangat Asli? kisah sukses telah berubah dengan (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  74. Halo, aku Mrs. Maryan sani Pemberi Pinjaman Pinjaman Pribadi. Perusahaan Kami MENYEDIAKAN Pinjaman PADA Tingkat randah 2%. Apakah Andari Perlu Pinjaman mendesak untuk review melunasi Utang Andari, ATAU Andari Membutuhkan Pinjaman untuk review meningkatkan Bisnis Andari, membayar Tagihan Andari Dan meningkatkan Andari telah dipakai Perusahaan? Andari has ditolak Oleh Bank Dan Lembaga Keuangan lainnya? LAYANAN Penyanyi akan memberikan Baik Perorangan, Perusahaan, bisnis pria Dan wanita Dan Kami TIDAK costomers terburu-buru Kami membayar, melainkan kitd Memberi mereka LEBIH Banyak Waktu untuk review melunasi laon mereka has dikumpulkan. Namun, Peluang Keuangan PADA Langkah Pintu Andari, Jadi hubungi kami hari Penyanyi via email di: maryansaniloancompany@gmail.com

    BalasHapus

  75. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  76. Halo, aku Jelli Mira, Saya sangat senang hari ini karena semua keinginan hati saya hanya datang untuk lulus, setelah mencari pinjaman untuk pengobatan nyeri ayah saya dan untuk perayaan Ramadhan datang sebagainya, saya akhirnya mendapat pinjaman dari hak sumber yang memiliki nama adalah Mrs. Sandra Ovia, yang membantu saya mendapatkan pinjaman dengan non agunan, setelah saya telah ditipu oleh begitu banyak pemberi pinjaman kredit di internet ini, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk membiarkan sesama Indonesia tahu bahwa bahkan beberapa begitu- disebut pemberi pinjaman adalah palsu, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak dan aman bahkan untuk perayaan kedatangan Ramadan, hubungi Ibu Sandra Ovia, dia adalah salah satu yang saya percaya Allah mengutus untuk menyelamatkan kita untuk liburan, jadi saya ingin Anda semua untuk bergabung dengan saya terima Mrs Sandra dan jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menulis dia melalui email perusahaan: sandraovialoanfirm@gmail.com
    Saya sesama Indonesia jika Anda memiliki masalah dalam menghubungi dia, maka Anda dapat menghubungi saya di email ini: jellimira750@gmail.com untuk arah lebih lanjut.
    Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  77. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  78. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  79. Kata yesus : marilah padaku semua yang letih,lesuh dan berbeban berat. Aku akan memberikan kelegaan kpdamu. :)

    BalasHapus
  80. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari bank di sana untuk kredit skor rendah, pinjaman usaha, pinjaman Pendidikan, kredit mobil, kredit rumah, perusahaan kredit (dll) , Kami saat giveing pinjaman dengan tingkat bunga 2% dan dengan masa durasi satu tahun bulan untuk 30 hari. Tergantung pada jumlah pinjaman yang dibutuhkan, jadi jika Anda berada di luar sana yang membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang-hutang atau tagihan, maka Anda dapat menghubungi kami di email kami di VIA (rebaccamorrisloanfirm@gmail.com) untuk rincian lebih lanjut tentang transaksi dana pinjaman.

    BalasHapus
  81. Mba maaf ya, anak mbak lebih membutuhkan dibesarkan dilingkungan yang baik, yang tentram, meskipun tanpa ayah..
    daripada dibesarkan dengan ayah, tapi dilingkungan yang tidak baik, melihat ayah ibunya bertengkar, melihat ibunya dipukuli, dan melihat ibunya menangis.. Khawatir justru anak mbak tumbuh jadi manusia yang keras.. Karena terbiasa dengan lingkungan keras..

    Ini yang harus mbak pikirkan..
    Kalau mbak bela2 mati2 an bertahan, menurut saya mbak justru egois.. Mbak hanya mementingkan cinta mbak ke suami, tanpa memikirkan psikologis anak mbak nantinya..

    Suami mbak itu sudah berkali kali melakukan kesalahan yang sama. Saya tau berat dan sakit, tetapi harus dilawan mbak, bisa jadi rasa cinta mbak itu sudah bukan rasa cinta dr Allah lagi, tapi sudah manipulasi setan dan iblis untuk menghancurkan manusia.

    saya pun pernah hampir gila karna kehilangan, tapi alhamdulillah sudah sembuh,
    Coba baca dzikir al-matsurah setiap pagi dan sore rutin setiap hari.. Itu termasuk penolong diri..dan jangan lupa yakin bahwa Allahlah sebaik-baik penolong..
    Dan ibadahnya bukan hanya solat malam saja, tapi juga perbanyak waktu membaca ayatul quran beserta maknanya, sibukkan diri untuk kegiatan sosial membantu sesama, insya Allah darisitu kita akan lebih bahagia dan merasa bahwa ujian orang lain pun juga berat.. Jadi tidak sepantasnya kita mengklaim bahwa ujian kita paling berat.. Itu tanda ketidak bersyukuran kita pada Allah..

    Insya Allah masalah ini bisa dilalui dengan tegar kalau kita terus istiqomah bersama Allah, ingat ya.. Bersama Allah bukan hanya shalat 5 waktu dan tahajud, tapi juga mengaplikasikan perintah2 Allah yang lainnya. Semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  82. Bagaimana saya mendapat Diinginkan Jumlah Pinjaman saya dari Perusahaan Pinjaman Handal dan Trust (adrianfinancefirm@yahoo.com)

    Halo semua, Nama saya Julia Lukas, saya tinggal di Saxony, Jerman. Di sini untuk bersaksi kebaikan Tuhan atas hidup saya, bagaimana dia membuat saya mendapat pinjaman saya dari Adrian Badan Keuangan {(adrianfinancefirm@yahoo.com)}. Seorang janda dengan kehidupan dua anak adalah neraka dan tidak nyaman bagi saya setelah kematian suami saya. Bagi saya untuk mengurus anak-anak saya saya harus mencari pinjaman untuk memulai bisnis karena tidak ada yang bersedia membantu saya dan saya memutuskan untuk mencari pemberi pinjaman kredit online tapi sayangnya saya scammed Dua kali dari berbagai pemberi pinjaman internasional yang diklaim pemberi pinjaman di sini, di forum ini, saya pikir pinjaman mereka itu nyata dan saya diterapkan tetapi mereka tidak pernah memberi saya pinjaman. Saya kehilangan harapan pada pemberi pinjaman di internet dan bingung dan frustrasi, sampai seorang teman saya memperkenalkan saya kepada Bapak Alexander Adrian direktur Adrian Keuangan Firm, yang berjanji untuk membantu saya dengan pinjaman dari keinginan saya dan dia benar-benar melakukan seperti yang berjanji tanpa bentuk delay, meskipun saya punya keraguan tapi hanya ingin mencobanya dan saya sangat mengejutkan pinjaman adalah transfer ke rekening bank saya. Saya tidak pernah berpikir masih ada diandalkan dan tulus pemberi pinjaman sampai saya bertemu Mr Alexander Adrian, yang benar-benar membantu saya dengan pinjaman sebesar $ 190,000.00usd dan mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Aku tahu masih banyak pencari pinjaman luar sana, mencari tidak lebih dan menghubungi Tuhan manusia takut untuk pinjaman hari ini. Mr Alexander Adrian, peduli dan pemahamannya. jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak atau ingin dana untuk proyek-proyek Anda cepat dan cepat, Jadi jangan ragu untuk menghubungi Adrian Badan Keuangan melalui alamat email: {adrianfinancefirm@yahoo.com} OR melalui website perusahaan: http: //adrianfinancefirm.bravesites .com /. Saya percaya dia akan membantu Anda karena ia telah membantu banyak orang di seluruh dunia, Terima kasih.

    BalasHapus
  83. Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

    Allah menjadi Kejayaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

    BalasHapus
  84. Halo, semua tolong berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

    Allah menjadi Kejayaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tracymorganloanfirm@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada widayatarmuji@gmail.com

    BalasHapus
  85. Terlalu banyak yang kekejaman, kezaliman dan ketidakadilan. Tapi sungguh lucu kerana perempuan ni REDHA dengan semua itu. Oooo, mana perginya akal yang tuhan kasi untuk digunakan sebaik mungkin. Ramai anak2 yang hidup dan dibesarkan oleh ibunya sahaja atau pun ayahnya sahaja dan mereka berjaya.

    Anak perlukan seorang bapa bukan binatang. Antara tugas isteri juga adalah membimbing suami ke jalan yang benar. Tapi nampaknya semua yang salah diterima dengan REDHA oleh perempuan yang tak menggunakan akal, hanya tahu bersedih, menangis dan bercerita tentang cinta yang dah jadi sejarah. Walau apapun tahniah pada perempuan ni sebab boleh bertahan dilayan dan dipukul seperti binatang. Tidak semua orang mampu. Bertahanlah sehingga nafas terakhir.

    BalasHapus
  86. Halo, nama saya Julia Simon, korban penipuan di tangan kreditur palsu. saya telah kehilangan sekitar $ 29,000USD karena saya butuh modal besar dari $ 75,000USD. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. saya tidak bisa berdiri ini terjadi lagi. pada bulan Desember 2014, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, Mrs Augusta Ibramhim, yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Augusta Ibramhim melalui email: augustaibramhim11@gmail.com. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: juliasimon460@gmail.com. jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  87. Nama saya Lena, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada doktor yang hebat saya yang benar-benar membuat hidup saya yang menyeronokkan satu hari ini. Ini lelaki yang hebat DR IREDIA membawa suami saya kembali kepada saya, saya mempunyai tiga kanak-kanak yang indah untuk suami saya. Kira-kira empat tahun yang lalu, saya dan suami saya telah menjadi satu pergaduhan yang lain sehingga dia akhirnya meninggalkan saya untuk seorang wanita. Saya rasa hidup saya telah tamat dan anak-anak saya fikir mereka tidak akan melihat bapa mereka lagi. saya cuba untuk menjadi kuat hanya untuk anak-anak tetapi saya tidak boleh mengawal rasa sakit yang menyeksa hati saya, hati saya dipenuhi dengan kesedihan dan kesakitan kerana saya benar-benar cinta dengan suami saya. Setiap hari dan malam i menganggap beliau dan sentiasa ingin dia akan datang kembali kepada saya, sehingga satu hari i bertemu rakan baik saya yang juga dalam keadaan seperti saya tetapi masalah beliau adalah bekas teman lelaki yang dia mempunyai kehamilan yang tidak diingini untuk dan teman lelakinya enggan bertanggungjawab dan dibuang itu. dia memberitahu saya bahawa saya adalah kes kecil dan bahawa saya tidak perlu bimbang tentang hal itu sama sekali, jadi saya bertanya apa penyelesaian kepada masalah saya dan dia memberikan saya alamat e-mel orang yang hebat ini. i telah meragui jika orang ini adalah penyelesaian, jadi saya dihubungi lelaki yang hebat ini dan dia memberitahu saya apa yang perlu dilakukan dan i perbuatan mereka semua, beliau memberitahu saya menunggu selama dua hari dan bahawa suami saya akan datang merangkak di kneels untuk mohon ampun saya jadi saya dengan setia itu apa yang manusia besar ini meminta saya untuk melakukan dan yang pasti selepas dua hari saya mendengar ketukan di pintu, dalam terkejut besar saya i nampak dia di kneels dan i terkedu, apabila dia melihat saya, semua dia menangis dan meminta saya untuk pengampunan, dari hari itu, semua kesakitan dan kesedihan di dalam hati saya terbang, sejak itu saya dan suami saya dan anak-anak yang indah kami gembira dan kita hidup sebagai satu keluarga. Sebab itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada DR IREDIA pertolongannya. Ini lelaki besar yang dibuat saya untuk memahami bahawa tidak ada masalah di bumi yang tidak mempunyai penyelesaian jadi jika anda tahu bahawa anda mempunyai masalah yang sama atau mana-mana masalah yang sama, saya akan menasihati anda untuk datang terus ke lelaki yang hebat ini. Hubungi dia dengan e-mel ini (drirediaherbalhome@gmail.com) dia ada untuk membantu anda.

    BalasHapus
  88. Apakah Anda perlu 100% Loan?
    Saya dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit masalah pengembalian itu sebabnya kami mendanai Anda untuk hanya 2%. apapun Anda situasi, wiraswasta, pensiunan, memiliki peringkat kredit yang buruk, kami dapat membantu. pembayaran yang fleksibel lebih dari 2 sampai 20 tahun.
    Hubungi kami melalui: kathleenfosterloanfirm@gmail.com

    1 Nama Lengkap: ............................
    2 Kontak Alamat: .......................
    3 Jumlah Pinjaman: ....................
    4. Durasi Pinjaman ...................
    5. Nomor Telepon Langsung: .................

    Salam,
    Ibu Kathleen

    BalasHapus
  89. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  90. APAKAH Anda Perlu pinjaman? atau butuh pinjaman untuk melunasi dept atau tagihan khawatir lagi, dan jika demikian, silahkan hubungi kami langsung di: jeffersoncarsonloanfirm@hotmail.com

    nama:....
    Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: .......
    negara:....
    negara:...
    nomor telepon:.....

    CATATAN: SEMUA MAIL HARUS DIKIRIM KE EMAIL INI: jeffersoncarsonloanfirm@hotmail.com

    BalasHapus
  91. Halo, saya Mr PAUL WALKER, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (paulwalkerloanfirms@gmail.com)

    BalasHapus
  92. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  93. APAKAH Anda Perlu pinjaman? atau butuh pinjaman untuk melunasi dept atau tagihan khawatir lagi, dan jika demikian, silahkan hubungi kami langsung di: jeffersoncarsonloanfirm@hotmail.com

    nama:....
    Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: .......
    negara:....
    negara:...
    nomor telepon:.....

    CATATAN: SEMUA MAIL HARUS DIKIRIM KE EMAIL INI: jeffersoncarsonloanfirm@hotmail.com

    BalasHapus
  94. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  95. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  96. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  97. Halo, aku Mrs. shakirat usani pribadi Pinjaman Lender. Kami menyediakan pinjaman kepada perusahaan pada tingkat yang rendah dari 2%. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang, atau Anda membutuhkan pinjaman bisnis untuk Meningkatkan busniess Anda, membayar tagihan dan meningkatkan fertilitas Perusahaan Anda? Anda telah ditolak oleh Bank dan lembaga keuangan lainnya? kami menyediakan layanan yang baik untuk individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita dan Kami tidak buru-buru pelanggan kami untuk membayar pinjaman mereka, melainkan Beri mereka lebih banyak waktu untuk membayar pinjaman mereka di mana mereka telah dikumpulkan dan kami siap untuk membantu orang-orang yang bersedia untuk mendaftar dengan perusahaan kami dan kami keluar untuk membantu banyak orang dan Namun, Peluang Keuangan adalah pintu Anda langkah, sehingga hubungi kami hari ini via email di: shakiratusaniloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  98. Saya Ibu, Ann Mcarthy A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (ANNMCARTHYLOANFIM@GMAIL.COM) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus
  99. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  100. !!! KABAR BAIK INDONESIA !!!
    Nama saya lamina Sulaman, Seorang Muslim Oleh agama. Saya menggunakan kesempatan Penyanyi ulasan untuk review memperingatkan para pencari Pinjaman untuk review mengulas Sangat scammers Berhati-hati. Saya telah scammed 4 Kali Oleh beberapa Perusahaan Pinjaman di internet, Sampai Seorang Teman disebut Saya Mrs. sani Maryan Yang MENYEDIAKAN Pinjaman EUR100,000.00 dan DI perbedaan Tanpa Tekanan, hati contoh Pertama ITU seperti Melamun Sampai aku Pinjaman Saya Dari Rp750, 000,000. Saya Ingin menggunakan Media Penyanyi ulasan untuk review mendorong Sesama Indonesia Yang Membutuhkan Pinjaman ulasan untuk review silahkan hubungi Mrs. Maryan Sani melalui: maryansaniloancompany@gmail.com
    Andari juga Dapat menghubungi Saya kembali informasi untuk review LEBIH lanjut melalui: laminasulaman@outlook.com Dan (laminasulaman@gmail.com)
    Goodluck UNTUK ANDA SEMUA.

    BalasHapus
  101. !! KABAR BAIK DARI ISABEL JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN !!

    Sir / Madam,
    Isabel Johnson International Loan Solusi Perusahaan
    aman dan tidak aman pinjaman pribadi kepada pelanggan untuk
    tujuan apapun, untuk memulai bisnis baru, membayar pajak atau utang,
    mulai berkontraksi. pinjaman kami juga diasuransikan untuk maksimum
    keamanan dan itu adalah metode transfer online. 10,000.00
    USD 10.000.000,00 pinjaman untuk USD dengan tingkat bunga 2%,
    pinjaman dilunasi dalam jangka waktu 1 dan 35 tahun, pinjaman
    tersedia untuk setiap mengisi tujuan dalam formulir di bawah sebagai
    langkah pertama untuk memperoleh pinjaman dari kami.
    Tidak khawatir lagi karena kami berada di sini untuk menawarkan pinjaman bunga rendah.
    Jika Anda memahami sebuah negara yang ramah untuk memfasilitasi ENGLISH
    komunikasi.
    Pinjaman Formulir Aplikasi:

    NAMA LENGKAP: _________________________________

    ALAMAT: ___________________________________

    COUNTRY: ___________________________________

    SEKS:__________________________________________

    USIA:__________________________________________

    KOTA:__________________________________________

    NEGARA:________________________________________

    KERJA: ________________________________________

    JUMLAH DIBUTUHKAN: ____________________________

    PINJAMAN TUJUAN: _______________________________

    PINJAMAN WAKTU PANJANG: ____________________________

    PENDAPATAN BULANAN: ___________________________

    PHONE: _______________________________________

    Informasi lebih lanjut tentang kami akan dikirim kepada Anda setelah kami
    menerima aplikasi pinjaman Anda.
    aplikasi pinjaman Anda sangat dihargai.
    Silahkan hubungi kami melalui E-mail:
    Isabelloancompany@gmail.com
    Isabel Johnson.

    BalasHapus
  102. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  103. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  104. Halo,
    Hari yang baik untuk orang-orang baik dari Indonesia, saya mrs Irene Tine, saya ingin berbagi kemenangan saya tentang cara ibu yang baik Mrs. Isabel membantu saya dan mengubah hidup dari seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, saya adalah korban dari salah janji pemberi pinjaman dan aku kecewa. Rp20,000,000 saya telah hilang ketika saya melamar Rp450,000,000. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya akan hancur, dan dalam proses saya kehilangan salah satu daugther saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya pada ibu yang baik, Mrs. Isabel, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan pinjaman dan saya mendapatkan jumlah yang tepat diterapkan untuk dan saya sangat senang. ibu yang baik, saya ingin menggunakan media ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran tetangga Indonesia, yang membutuhkan pinjaman asli dan ingin mengamankan pinjaman cepat dengan tingkat bunga sebesar 2%, hanya mendaftar melalui
    Ibu Isabel. Terapkan sekarang. E-mail: Isabelloancompany@gmail.com
    Anda dapat menghubungi saya untuk petunjuk lebih lanjut melalui E-mail: mrsireneangga@gmail.com.

    BalasHapus
  105. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  106. Halo, nama saya Victoria Alberto, korban penipuan di tangan kreditur palsu. saya telah kehilangan sekitar Rp45000.00 karena saya butuh modal besar Rp200,000.00. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. saya tidak bisa berdiri ini terjadi lagi. Maret 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, Mrs Olivia Daniel, yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Olivia Daniel melalui email: (oliviadaniel93@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (victoriaalberto78@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  107. Saya Mrs Rini,
    Saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia karena ekonomi yang buruk di beberapa bagian, seperti Indonesia, Malaysia dan lain-lain. Apakah mereka orang-orang yang mencari pinjaman di antara kamu?

    Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali dalam pinjaman perusahaan palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya melepaskan dari penjara dan teman saya saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang reliabl ISABEL PINJAMAN PERUSAHAAN. Saya mendapat pinjaman saya dari ISABELLOANCOMPANY Rp400,000,000 sangat mudah dalam waktu 48 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui
     
     ISABELLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda ISABELLOANCOMPANY kontak yang lebih baik. menghubungi mereka melalui email:. (Isabelloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (mrsriniroza@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  108. Halo semuanya,

    Apakah Anda secara finansial diperas?
    Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan utang?
    Apakah Anda mencari pembiayaan untuk menyiapkan Bisnis Anda sendiri?
    Apakah Anda membutuhkan pribadi atau Kredit Usaha untuk berbagai keperluan?
    Apakah Anda mencari pinjaman untuk melaksanakan Proyek Besar?
    Mengamankan pinjaman dari perusahaan nomor satu pinjaman menyediakan benar ini hari ini dan mulai dengan sesuatu yang bermanfaat.
    transaksi mereka 100% dijamin karena mereka juga memastikan hubungan baik dengan semua klien.
    Mereka menawarkan Kredit tanpa Cek kredit, ada jaminan, langkah mudah, dana cepat dan tingkat bunga rendah dari 2%.
    Mengapa tetap dalam rincian keuangan?
    Membebaskan diri dari kemiskinan saat ini, KATHLEEN FOSTER LOAN FIRM adalah satu-satunya perusahaan yang mampu untuk membantu saya mendapatkan pinjaman dan sekarang saya telah berhasil memulai bisnis dari sendiri untuk membantu mengurus keluarga saya.

    Mendapatkan pinjaman pelanggan Anda hari ini melalui email: kathleenfosterloanfirm@gmail.com

    Di sini juga adalah email pribadi saya hanya dalam kasus Anda perlu beberapa pedoman: amaliafauzi73@gmail.com

    Saya akan mengharapkan balasan mendesak Anda.
    Terima kasih!
    Ibu AMALIA FAUZI

    BalasHapus
  109. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  110. LAIN KESEMPATAN LAGI, ANDA BISNIS MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor telepon: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: morissceruloloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  111. Halo untuk siapa pun yang membaca artikel ini, Nama saya Jude El nino dari sebagian Spanyol dan Indonesia, namun dibesarkan di Filipina, di mana hal-hal yang begitu keras, perekonomian sangat buruk, saya ingin memulai sebuah pabrik susu tapi tidak ada modal untuk memulai proyek besar dan mimpi, dan bank menuntut begitu banyak untuk collecterial, jadi saya memutuskan untuk melihat secara online sampai saya bertemu dengan beberapa perusahaan tetapi mereka scammed permintaan untuk satu kali pembayaran ke yang lain, jadi saya hampir menyerah sampai aku melihat sebuah artikel dari seseorang yang bersaksi tentang perusahaan pinjaman Mr. Dangote, pada awalnya saya pikir itu sama dengan perusahaan orang lain atas tuduhan penipuan uang thier kecil, tapi aku mengumpulkan keberanian untuk mengikuti kebijakan mereka dan sekarang aku CEO perusahaan susu waktu kecil dengan setidaknya 12 pekerja dan saya melakukannya dengan baik, berdoa untuk memperluas, jadi jika Anda membaca artikel ini, perusahaan pinjaman Mr Dangote adalah nyata dan begitu berlaku dan mendapatkan uang Anda sendiri Via pinjaman Dangotegrouploandepartment@gmail.com dan tingkat bunga hanya 1,5% dan pastikan ketika Anda mendapatkan pinjaman Anda, Anda membayar angsuran bulanan Anda tanpa penundaan, dan jika Anda tidak mengerti proses hubungi saya Via judeelnino@gmail.com

    BalasHapus
  112. Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


    Nama lengkap:
    jumlah pinjaman :
    Pinjaman Durasi:
    Pendapatan bulanan :
    negara:
    Seks:
    Nomor telepon:
    Tanggal lahir :

    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    JULIETOWENLOANCOMPANY
    (Julietowenloancompany@gmail.com)
    Ibu Juliet

    BalasHapus
  113. KAMI MEMBERIKAN OUT PINJAMAN UNTUK AKHIR TAHUN PAKET DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, Saya Magret Spencer, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  114. Halo, Saya cunson hamilton Katheren, saat ini tinggal di Texas, Amerika Serikat. Saya seprated kali ini dengan tiga anak-anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan Mei 2015 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya. Saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman pribadi dan perusahaan tetapi tidak pernah dengan sukses, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. Demi Allah, saya membaca sebuah artikel online dan saya memutuskan untuk mencoba, Pada awalnya saya sangat takut tapi saya mencoba memberikannya karena pada saat itu dalam hidup saya, saya tak akan kehilangan, jadi saya mengikuti arahan mereka dan melakukan aything saya diminta untuk melakukan sebelum pinjaman saya dapat diberikan, saya sangat takut pada saat itu, tapi aku bilang hari ini sebagai tuhan adalah saksi saya, saya sekarang seorang pemilik usaha kecil dan saya membayar kembali pinjaman saya di bunga yang lebih rendah dari 1,5% tanpa masalah, Percayalah dengan perusahaan ini saya jamin tidak akan menyesal, tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada co penandatangan dengan tingkat bunga hanya 1,5% dan pembayaran yang lebih baik rencana dan jadwal, silahkan hubungi Mr Dangote perusahaan pinjaman ( dangotegrouploandepartment@gmail.com). Dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini tapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan Tuhan memberkati alsoi ingin lebih. Anda dapat menghubungi dia melalui email-nya.
    dangotegrouploandepartment@gmail.com dan saya juga menyadari bahwa beberapa dari Anda mungkin berpikir itu adalah stres tapi tidak, saya tidak pernah scammed $ 5.000 yang membuat saya merasa ingin menyerah tapi hari ini semua berkat Allah Mahakuasa dan Mr Dangote. jadi hubungi saya di Cunsonhamilton342@gmail.com atau hubungi saya di nomor (682) 233-0439 untuk informasi, Nikmati

    BalasHapus
  115. Hello, Saya Puan Romina Elizabeth wang pemberi pinjaman swasta, Adakah anda dalam hutang yang tidak baik? Adalah keperluan peningkatan standard kewangan anda, pinjaman Krismas, saya Beroperasi yang berdaftar dan kerajaan institusi kewangan yang diluluskan. Saya memberi pinjaman kepada syarikat-syarikat dan individu pada kadar yang lebih rendah sebanyak 2%. Saya memberi pinjaman melalui pemindahan akaun dan tidak memerlukan banyak kertas kerja. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mel:
    (Rominaelizabethloanfirm@gmail.com). Datang dan mengalami perbezaan dalam perkhidmatan kami.

    BalasHapus
  116. Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  117. Saya telah mencari untuk mantra cinta untuk membawa kembali suami saya setelah telah berpisah untuk 3thn, saya telah mencoba 3 kastor berbeda mantra yang dibayar mereka pada uang dan bebas dari mereka mampu untuk mendapatkan suami saya kembali dan ini membuat saya melihat frustrasi sampai seorang teman saya mengarahkan saya ke Mutaba mantra kastor yang melakukan apa yang saya sebut mantra cinta saya dengan dia dan setelah 48hours panggilan suami saya saya dan berkata Dia ingin kita untuk bersama-sama dan sekarang kita kembali lagi dengan saya 12 tahun putri dan ada yang lebih romantis di hubungan kami, silahkan jika salah satu perlu mantra cinta sejati atau penipuan sebelum kemudian Dr.Mutaba mantra adalah solusi untuk masalah hubungan Anda Anda dapat menghubunginya di: greatmutaba@yahoo.com .

    BalasHapus
  118. Nama saya Lady Rhoda Eny seorang guru sekolah di malaysia berkahwin tetapi suami saya meninggal dunia dalam kemalangan kereta, saya ditinggalkan dengan tiga kanak-kanak kepada diri saya sendiri untuk melatih, pada 9 Okt 2016 anak saya akhirnya keluar dengan kawan-kawannya untuk pek hiburan (Subang Jaya) dalam 3, Jalan PJS 11/11, Bandar Sunway, 47500 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, malangnya brek gagal dan mendapat ke dalam kemalangan yang dahsyat yang hampir kos mereka kehidupan mereka, tetapi Allah masih disimpan tetapi anak-anak saya mempunyai kecederaan dalaman dan doktor menuntut RM20,000 yang saya tidak mempunyai, jadi saya memutuskan untuk mencari pinjaman di mana-mana tetapi tidak berjaya, dan anak saya akan mati, jadi saya mula berdoa kepada Allah untuk membantu saya kerana saya tidak mempunyai satu, I 'ma janda tidak ada yang menolong dengan pinjaman, saya juga cuba bank tetapi mereka menuntut collecterial Saya tidak mempunyai, jadi saya pergi melalui internet di mana saya boleh mendapatkan pinjaman, maka saya melihat testifier pinjaman yang dipanggil Lady Jane (ladyjanealice @ gmail.com) supaya Saya melalui e-mel dan dia berkata, saya perlu menghubungi Mr Dangote (dangoteloangroupdepartment@gmail.com) jadi saya, saya telah diminta untuk mengisi borang dan sidang kemuncak kad Id saya untuk pengesahan, dan kemudian dihantar pulang ke e-mel melengkapkan dan menandatangani dokumen itu dan saya telah didakwa beberapa jumlah, saya begitu gila, tetapi saya bertanya Lady Jane mengenainya dan dia memberitahu saya ia adalah okay, yang saya percaya beliau, lalu saya dibayar jumlah yang diperlukan, di tengah-tengah malam saya telah memeriksa akaun bank saya, saya terkejut berapa ramai daripada permintaan pinjaman saya telah dipindahkan ke akaun bank saya, saya gembira, saya berdoa kepada Tuhan untuk pertolongan dan dia menghantar Mr. syarikat pinjaman Dangote untuk membantu, kini anak saya dengan baik dan sihat, terima kasih kepada wanita Jane dan Encik Dangote ini, hubungi saya melalui e-mel untuk maklumat lanjut dan membuktikan ladyrhodaeny@gmail.com.

    BalasHapus
  119. Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi,jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

    BalasHapus
  120. jangan mengajukan pinjaman adalah situs, saya bodoh oleh banyak pemberi pinjaman palsu di situs ini, nama saya Lisa Teddy, korban penipuan di tangan kreditur palsu saya telah kehilangan sekitar Rm 55,000.00 karena saya butuh modal besar Rm 970.000 untuk membayar utang saya dan memulai bisnis lagi. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi pada bulan Juli 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, tegas Ny Aasimaha Adila Pinjaman dari kerajaan saudi, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman pada perusahaan pada tingkat 1% a ibu yang baik saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan mungkin allah terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, cukup sign in dengan Mrs Aasimaha adila melalui email: (aasimahaadilaahmed .loanfirm @ gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (teddylisa2020@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan, silakan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya di asia, silakan Anda perlu tahu bahwa pemberi pinjaman palsu akan meminta Anda untuk membayar (biaya seperti pendaftaran, biaya pemindahan, biaya pajak, biaya asuransi dan administrasi biaya, mereka juga meminta ATM pin kartu silakan becareful.) yang saudi perusahaan ibu kerajaan tidak dikenakan biaya apapun, perusahaan muslim yang jujur ​​membantu orang di daerah saya sekarang adalah ((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))
    terima kasih untuk membaca dan goodluck inshala

    BalasHapus
  121. Halo, Aku Mr SMITH BROOKS, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: smithloanfirmbrooks@gmail.com

    BalasHapus
  122. Halo Setiap Satu, nama saya wanita Jane alice dari Indonesia, dan saya bekerja dengan bersatu bangsa kompensasi, dan kami telah mendengar dan juga membuat pinjaman dari perusahaan pinjaman, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli dan nyata, aku ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya untuk pemberi pinjaman dan Pinjaman nyata genue telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan saya pinjaman. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online genue kredit pemberi pinjaman yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mr Dangote yang merupakan CEO dari Dangote Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp400,000,000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, sudah disimpan ke bank dan mimpi saya datang melalui. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue panggilan pinjaman cepat sekarang email di Dangotegrouploandepartment@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang indah lebih info..

    BalasHapus
  123. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  124. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  125. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    BalasHapus
  126. Saya Anna Ruddy, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang-orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali dalam pinjaman perusahaan palsu. Saya telah menjadi korban penipuan 6-kredit pemberi pinjaman, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum rilis saya dari penjara dan teman-teman saya bahwa saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman ANTHONY.YULIANALENDERS reliabl. Saya mendapat pinjaman saya dari ANTHONY.YULIANALENDERS Rp900,000,000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ANTHONY.YULIANALENDERS dalam kehidupan keluarga saya. Saya mencari nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak ANTHONY.YULIANALENDERS. menghubungi mereka melalui email:. (Anthony.yulianalenders@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (Annaruddy1432@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  127. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

    BalasHapus
  128. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  129. Mengapa saya menulis kesaksian ini adalah karena saya membuat janji bahwa barangsiapa yang membantu saya keluar dari keadaan hubungan saya pantas untuk dikenal lebih oleh dunia. Saya 37 tahun, suami saya memiliki mantra cinta yang sangat kuat pada dirinya bahwa perempuan dia tahu memakaikan Dia dan saya ingin menghapusnya karena hal ini menyebabkan masalah serius dalam perkawinan kami dan dia meninggalkan saya untuknya. Tampaknya tidak ada di bumi dapat membawa jalan kita bersama-sama selamanya, saya merasa benar-benar buruk karena aku mencintainya begitu mahal. Aku tidak bisa tidur karena saya merindukan sentuhan dan perawatan my hubby. Saya jarang mengunjungi halaman web ini tapi setiap kali saya lakukan, saya melihat dua atau lebih positif ulasan tentang dr.egbo pria bernama dan karya misterius dan ajaib yang menyelamatkan hubungan dan pernikahan, ini membuat saya penasaran. Juga, saya biasanya melihat beberapa ulasan lain, meskipun saya learn't bahwa ada banyak scammers luar sana tapi saya menghubungi dregbo karena saya diyakinkan oleh seorang saksi saya menghubungi, dr itu. mantra okojie adalah masalah besar. Aku memberinya kesempatan dari semangat meragukan saya tapi untuk saya sangat mengejutkan suami saya menelepon saya 2 hari setelah dr. okojie melakukan doanya dan mengusir mantra pada dia di nama saya hubby, bahwa ia sangat menyesal untuk semua rasa sakit ia telah membuat saya melewati, ia ingin kembali ke rumah. Saat cinta kita adalah lebih dari itu dari Romeo dan Juliet, dia mengurus terlalu bagus dari saya sekarang, 100% dari sebelumnya. Aku tahu ada orang lain di luar sana, saya katakan jika Anda menemukan dregbosolutioncenter@gmail.com maka masalah Anda juga dipecahkan, ia juga bilang dia dapat membantu tubuh apapun dalam seach dari salah satu masalah berikut di bawah ini. mencobanya dan terima saya kembali dengan alamat email saya juga, mabele096050@yahoo.com.
    (1) Anda ingin kembali mantan Anda.
    (2) Anda selalu memiliki mimpi buruk.
    (3) Untuk dipromosikan di kantor Anda
    (4) Apakah Anda ingin anak.
    (5) Apakah Anda ingin menjadi kaya.
    (6) ingin menjaga suami / istri menjadi hanya milik Anda selamanya.
    (7) yang Anda membutuhkan bantuan keuangan.
    8) Apakah Anda ingin mengendalikan pernikahan Anda
    9) Apakah Anda akan tertarik pada orang
    10) Tidak adanya anak-anak
    11) memiliki suami / ISTRI
    12) obat untuk penyakit apapun.
    Hubungi baba hari ini dan Anda akan senang Anda lakukan. E-mail: dregbosolutioncenter@gmail.com

    BalasHapus
  130. Bersyukur dengan keajaiban Dr UGBO membawa kembali istri saya. i telah dipisahkan dengan istri saya sejak 8 bulan sekarang dan kami telah hidup bahagia sebelum kita bertengkar dan dia pergi setelah pria lain. saya terkejut bagaimana ini terjadi saya memutuskan untuk pergi ke mantra kastor yang dapat membantu saya. saya mencari di internet saya melihat beberapa mantra kastor tapi Dr UGBO kesaksian begitu banyak dibandingkan dengan others.i menghubungi email nya: ugboazen01@gmail.com dan setelah saya lakukan ia berjanji bahwa pada Hanya 24 jam pacar saya akan datang kembali dan mulai memohon saya untuk kembali ke dengan saya lagi. Saya pikir saya adalah semua lelucon sampai. ia selesai dengan casting mantra cinta saya dan itu bagaimana ia datang kembali keesokan harinya dan berjanji tidak akan meninggalkan aku kesepian lagi. berkat Dr UGBO untuk work.contact nya indah Email nya: ugboazen01@gmail.com} Ugboazen@outlook.com]

    1) Jika Anda ingin kembali mantan Anda.
    (2) jika Anda selalu memiliki mimpi buruk.
    (3) Anda ingin dipromosikan di kantor Anda.
    (4) Anda ingin wanita / pria berjalan setelah Anda.
    (5) Jika Anda ingin anak.
    (6) Anda ingin menjadi kaya.
    (7) Anda ingin mengikat suami / istri menjadi milik Anda selamanya.

    BalasHapus
  131. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU SUKMA Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    500 JT saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan AKI SAKTI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 HARI
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI sakti
    kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 2Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi Aki Sakti DI NOMOR 085_242_421_477
    agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi Aki Sakti pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  132. Saya lian she tinggal di Rejosari 008/005, Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, senang anounce kepada dunia bahwa saya mendapat nilai pinjaman saya sebesar Rp 380.000.000 juta dari (anthony.yulianalenders@gmail.comi) setelah beeing scammer 15.nillion oleh beberapa kreditur palsu, silahkan bagi anda yang mencari untuk pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada pemberi pinjaman palsu di mana-mana, terima kasih mungkin allah memberkati Anda semua, emial saya adalah (lianshe4@gmail.com)

    BalasHapus
  133. VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA

    Kami VIPQIUQIU99 AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA mengadakan SEO Kontes atau Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 20 Januari 2017 - 20 Mei 2017, dengan Total Hadiah Rp. 35.000.000,- Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini. Buktikan bahwa Anda adalah Ahli SEO disini. Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEOAnda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000,-

    Tunggu apa lagi?
    Kontes SEO ini akan menggunaka kata kunci (Keyword) VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama Rp. 10.000.000. Keputusan untuk Pemenang Akan di tentukan dengan aturan kontes SEO yang dapat dilihat di halaman ini.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    CONTACT US
    - Phone : 85570931456
    - PIN BB : 2B48B175
    - SKYPE : VIPQIUQIU99
    - FACEBOOK: VIPQIUQIU99

    BalasHapus
  134. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang disini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

    BalasHapus
  135. Selamat siang,

    KAMI MENAWARKAN SEMUA JENIS KREDIT - BERLAKU UNTUK KREDIT TERJANGKAU ...
    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki nilai kredit rendah dan Anda merasa sulit mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya ?. Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban biaya bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, hingga pendidikan hingga pembelian unik

    Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan pinjaman Anda yang aman dan tanpa jaminan dengan tingkat bunga 2%, pelamar yang berminat harus menghubungi kami melalui email: jsemkffloaninvestment@gmail.com

    ** Apakah Anda terjepit secara finansial?
    ** Apakah Anda mencari dana untuk melunasi kredit dan hutang?
    ** Apakah Anda mencari keuangan untuk mendirikan bisnis Anda sendiri?
    ** Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi atau bisnis untuk berbagai keperluan?
    ** Apakah Anda mencari pinjaman untuk melaksanakan proyek besar?

    Kami menawarkan berbagai macam layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Komersial dan Pengembangan Keuangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Usaha, Pinjaman Swasta, Refinancing Rumah Tangga, Pinjaman Pinjaman Siswa Hotel dengan tingkat bunga rendah sebesar 2%

    Dengan hormat,
    Tuan Jeff Michael

    BalasHapus
  136. Hello Pencari Pinjaman,

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis, utang pinjaman? membeli mobil
    atau rumah? Jika ya tidak khawatir lagi, Untuk kami menawarkan semua jenis pinjaman pada
    tingkat suku bunga rendah dan terjangkau dari 3%, tanpa agunan dan
    tanpa pemeriksaan kredit. Kembali kepada kami jika Anda membutuhkan pinjaman Dengan bawah
    Informasi.

    Hubungi Email: louisdaughtryinvestmentplc@gmail.com

    Kami menawarkan pinjaman berikut di bawah ini,
    pinjaman pribadi [aman dan tidak aman]
    pinjaman usaha [aman dan tidak aman]
    kombinasi pinjaman
    pinjaman siswa
    pinjaman konsolidasi dan banyak orang lain.

    1. Nama Lengkap: ------
    2. Negara: -----------
    3. Negara: ---------------
    4. Kontak Alamat: -------
    5. Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ------
    6. Durasi Pinjaman --------
    7. Pendapatan Bulanan: ----------------
    8. Langsung Nomor Telepon: -----------
    9 SEX: ...................

    EMAIL: [louisdaughtryinvestmentplc@gmail.com]
    Salam.

    BalasHapus
  137. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  138. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang disini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditur pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam prosesnya karena saya ditangkap oleh orang-orang karena berhutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

    Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

    BalasHapus
  139. Halo semuanya,
    Nama saya Novi setya dari kota Bogor di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, sehingga banyak pinjaman pemberi pinjaman di sini adalah scammers dan mereka hanya bisa menipu Anda dari uang Anda. . , Saya mengajukan pinjaman sekitar 250 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 15 juta tanpa mengeluarkan pinjaman, mereka berulang kali meminta biaya, saya membayar hampir 10 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman, di sana saya menunjukkan kepada saya Sekitar 2 kali dua wanita berbeda di Filipina, saya harap saya akan bertemu orang yang tepat, tapi ternyata tidak.

    Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada tawaran pinjaman Zenith Bank, dan saya mengajukan pinjaman sebesar 350 juta, saya berasumsi itu adalah sebuah Lelucon dan kecurangan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya aman dari kemiskinan.

    Jadi saran saya untuk semua orang disini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Zenith Bank
    Via email: zenithbankloanoffer88@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: novisetya1989@gmail.com

    Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  140. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  141. BROTHERHOOD OF ILLUMINATI Cara mudah bergabung dengan persaudaraan Illuminati di Indonesia
    Dunia. Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis,

    Seorang seniman, Politisi, pendeta, dan Anda ingin menjadi besar, kuat dan
    Terkenal di dunia, bergabunglah dengan kami menjadi salah satu

    Anggota resmi kami hari ini. Anda diberi kesempatan ideal untuk berkunjung
    Setan. Atau Anda berasal dari latar belakang yang buruk,

    Dan Anda benar-benar ingin terkenal dalam kehidupan. Atau apakah Anda ingin menjadi sangat
    Kaya akan kehidupan, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk melakukannya

    Menjadi kaya dan memberantas kemiskinan dari hidup Anda, Illuminati ingin
    Gunakan ini untuk membantu orang miskin dan juga untuk membuat

    Orang-orang yang terkenal dalam kehidupan, jika Anda benar-benar siap menjadi anggota
    Candi Illuminati daripada agen kontak .Via

    E-MAIL.:
    Brotherhoodgetrich@gmail.com sehingga kita bisa mewujudkan impian anda
    melalui. Saya ingin berjanji bahwa Anda akan melakukannya

    Tidak menyesalinya jadi saya ingin anda bergabung dengan kami sekarang dan hidup sangat bahagia
    Hidup. Tidak ada pembagian darah disini di bait suci kita

    Kami hanya menggunakan darah hewani dengan baik menghubungi kami untuk inisiasi Anda
    Untuk memulai sesegera mungkin kita selalu

    Online 24 jam bagi mereka yang tertarik dengan keinginan persaudaraan
    Anda semua sukses di dalamnya, EMAIL US

    Vis ;; brotherhoodgetrich@gmail.com atau apa yang kita + 2347035027068 ATAU
    Untuk respon yang mendesak

    BalasHapus
  142. Selamat siang

    ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
    BBM:D8633B93

    BalasHapus
  143. Selamat siang

    ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
    BBM:D8633B93

    BalasHapus
  144. Luangkan waktu untuk membaca kesaksian singkat saya bisa berguna untuk Anda.
    Halo
    Nama saya tina Saya ingin membagikan kesaksian singkat ini kepada orang-orang baik di dunia ini. Ini bisa membantu Anda dalam satu cara atau cara lain. Ini adalah ceritaku.
    Suami saya menganggap poligami tidak salah, dia berkencan dengan gadis lain selama 1 tahun terakhir sekarang, dan saya katakan kepadanya bahwa dia perlu berhenti, tapi dia menolak dan mengatakan bahwa dia jatuh cinta pada gadis itu, dia juga pernah berbicara tentang hidup bersama Gadis itu "untuk selamanya" suamiku masih mencintaiku dan anak-anak, tapi dia baik-baik saja untuk tetap bertahan tanpa gadis ini, dia menyesali hal ini sejak awal, tapi tidak mau putus dengannya, suamiku berkata jika Dia putus dengan dia, tidak akan ada hubungan lagi antara aku dan dia.
    Suatu hari saat saya melewati internet untuk mencari pekerjaan proyek, saya telah melihat beberapa contoh bagaimana baba ini telah membantu orang-orang dengan masalah mereka.
    Salah satu dari mereka mengatakan bahwa dia membantunya menyembuhkan penyakitnya, yang lain mengatakan bahwa dia membantunya hamil setelah 11 tahun tidak memiliki anak, dan saya melihat orang lain yang mengatakan bahwa dia membantunya menyelamatkan pernikahannya dan mendapatkan pekerjaan yang baik, biarkan e -mail jatuhnya baba besar ini.
    Saya memutuskan untuk mencobanya dan saya menghubungi dia di emailnya: drujiagbe. Baba yang hebat ini mengatakan bahwa suamiku berada di bawah mantra seorang wanita. Dan dia mengatakan kepada saya bahwa dia akan bisa memecahkan mantra.
    Begitulah kami memulai sholat dengan baba, dan dia mengatakan kepada saya semua yang perlu dilakukan tanpa penundaan, untuk perjamuan terkutuk saya, suami saya mengakhiri hubungan dengan gadis itu dalam waktu 48 jam dan dia kembali kepada saya dan meminta maaf atas segala hal yang Dia melakukannya dan meminta maaf saya
    Teman-teman tetap diam, karena mereka mengatakan "masalah yang dibagikan adalah masalah setengah terpecahkan" Tapi saya mengatakan sebuah masalah yang dibagikan dengan baba yang hebat ini adalah "Masalah yang dipecahkan secara permanen" karena seseorang seperti ayah ini memiliki solusi untuk semua masalah Anda, tidak masalah. Masalahnya, hubungi dia di E-mail pribadi ini: drujiagbeblacktemple@gmail.com
    Sekarang aku hidup bahagia bersama suamiku dan kedua anakku yang mengagumkan sekarang. Silahkan coba baba dan terima kasih surat ini dengan alamat emaill saya justina03by@yahoo.com.
    Baba mengatakan kepada saya juga dia juga bisa memberikan solusi untuk salah satu masalah berikut ini:
    (1) Anda ingin mantan Anda kembali.
    (2) Anda selalu mengalami mimpi buruk.
    (3) Dipromosikan di kantor Anda
    (4) Apakah kamu menginginkan seorang anak?
    (5) Apakah kamu ingin menjadi kaya?
    (6) ingin agar suami / istri Anda menjadi milikmu selamanya.
    (7) apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan?
    8) Apakah Anda ingin mengendalikan pernikahan Anda?
    9) Apakah Anda tertarik pada orang lain?
    10) Tidak adanya anak
    11) punya suami / WIFE
    12) menyembuhkan penyakit apapun.
    Hubungi baba hari ini dan Anda akan senang melakukannya. E-mail: drujiagbeblacktemple@gmail.com
    TERIMA KASIH ATAS WAKTUNYA...

    BalasHapus
  145. Bergabung dengan Illuminate besar untuk menjadi kaya, terkenal
    dan. .for kaya
    membantu
    tentang bagaimana untuk menjadi anggota silakan mengisi
    berikut
    informasi di bawah ini.
    Nama lengkap .....
    Umur .......
    Alamat .....
    Pekerjaan ......
    Lokasi .....
    Negara ........
    Ponsel .....
    Email ......
    Anda untuk mengambil sumpah dan membuat
    kesepakatan bahwa Anda akan
    tidak pernah mengkhianati Persaudaraan, Karena tidak ada
    setelah kembali
    mengisi formulir !! Sumpah kami adalah ini: jika saya pernah mencoba
    Diungkapkan esta
    rahasia untuk tubuh atau mengkhianati
    Masyarakat, Anda membalas
    Seiring Dengan pesan ini rincian Anda
    ... biarkan aku mati mengisi Dengan
    Pedang Lucifer .you diharapkan untuk mengatakan
    esta setelah mengisi
    itu
    bentuk,
    buru-buru sekarang dan membuat
    kontak dengan kami hari ini
    (Thegreatilluminatitemple0@gmail.com) atau Anda dapat menghubungi Nona jennifer Juga pada whatsapp Dengan jumlah ini 2349034128196 ragu untuk bergabung dengan kami.
    kekayaan yang
    Milik Anda selamanya !!

    BalasHapus
  146. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  147. Mari bergabung bersama kami dalam poker online sinidomino.com, dan kami juga memberikan berbagai bonus dan promo menarik untuk anda para member setia kami, dan kami juga menjamin keamanan dalam setiap bertransaksi dan permainan ini juga real antara player vs player dan tidak menggunakan sistem computerisasi atau robot, dan kami yang paling terpercaya, silakan daftarkan diri anda sekarang juga dan menangkan puluhan juta rupiah, untuk mendaftar silakan kunjungi website kami di www.sinidomino.com dan untuk info lebih lanjut hubungi CS kami di
    iveSupport 24 jam (NONSTOP)
    ? LiveChat : goo.gl/hz1eC3
    ? Pin BBM : D61E3506
    silakan bergabung ya moga saja kamu beruntung ;)
    Terima Kasih
    judi poker online yang aman dan terpercaya

    BalasHapus
  148. ASSALAMU ALAIKUM.WR.WB.. SAYA TERMASUK ORANG YANG GEMAR BERMAIN TOGEL,SETELAH SEKIAN LAMANYA SAYA BERMAIN TOGEL AKHIRNYA SAYA MENEMUKAN NOMOR SEORANG PERAMAL TOGEL YANG TERKENAL KEAHLIANNYA DI SELURUH DUNIA,NAMANYA
    KIYAI_PATI DAN SAYA BENAR BENAR TIDAK PERCAYA DAN HAMPIR PINSANG KARNA KEMARIN ANGKA GHOIB YANG DIBERIKAN OLEH KIYAI 4D DI PUTARAN SGP YAITU 1239 TERNYATA BETUL-BETUL TEMBUS. SUDAH 2.KALI PUTARAN SAYA MENAN BERKAT BANTUAN KIYAI
    PADAHAL,AWALNYA SAYA CUMA COBA COBA MENELPON DAN SAYA MEMBERITAHUKAN SEMUA KELUHAN SAYA KEPADA KIYAI_PATI DISITULAH ALHAMDULILLAH KIYAI_PATI TELAH MEMBERIKAN SAYA SOLUSI YANG SANGAT TEPAT DAN DIA MEMBERIKAN ANGKA YANG BEGITU TEPAT..,MULANYA SAYA RAGU TAPI DENGAN PENUH SEMANGAT ANGKA YANG DIBERIKAN KIYAI ITU SAYA PASANG DAN SYUKUR ALHAMDULILLAH BERHASIL SAYA JACKPOT DAPAT 500.JUTA,DAN BETAPA BAHAGIANYA SAYA BERSUJUD-SUJUD SAMBIL BERKATA ALLAHU AKBAR…..ALLAHU AKBAR….ALLAHU AKBAR….SEKALI LAGI MAKASIH BANYAK YAA KIYAI,SAYA TIDAK AKAN LUPA BANTUAN DAN BUDI BAIK KIYAI, BAGI ANDA SAUDARAH-SAUDARAH YANG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SAYA TERUTAMA YANG PUNYA HUTANG SUDAH LAMA BELUM TERLUNASI SILAHKAN HUBUNGI KIYAI_PATI DI NOMOR HP: 0852_1741_5657

    BalasHapus
  149. Sebuah kesaksian yang menakjubkan tentang sebuah kastor mantra yang membawa suami saya kembali kepada saya, nama saya adalah iman, saya berasal dari wale., Tapi saya masuk ke sini indonesia, dan saya dengan senang menikahi suami yang cantik dan peduli, dengan seorang anak Suatu masalah yang sangat besar terjadi di keluarga saya beberapa bulan yang lalu, antara suami saya dan saya, sangat mengerikan sehingga dia membawa kasus ini ke pengadilan karena bercerai, dia mengatakan bahwa dia tidak pernah ingin tinggal bersamaku lagi, dan bahwa dia tidak Aku mencintaiku lagi, Jadi dia mengemasi barang-barang milikku keluar dari rumahnya dan membuatku dan anakku menderita sakit parah, aku mencoba semua kemungkinan untuk mengembalikannya, setelah mengemis, tapi semuanya sia-sia, dan dia membenarkannya. Bahwa dia telah membuat keputusannya, dan dia tidak pernah ingin bertemu dengan saya lagi, Jadi pada suatu malam, saat saya kembali kerja, saya bertemu dengan seorang teman lama saya yang bertanya kepada suami saya, Jadi saya menjelaskan semuanya padanya, Jadi dia mengatakan kepada saya bahwa satu-satunya cara agar suami saya dapat kembali, adalah dengan mengunjungi sebuah kastor mantra, karena dia juga benar-benar bekerja untuknya, jadi saya tidak pernah percaya pada Mantra, tapi saya tidak punya pilihan lain selain mengikuti nasehatnya, lalu dia memberi saya alamat email dari kastor mantra yang dia kunjungi beberapa bulan yang lalu, jadi keesokan paginya, saya mengirim surat ke Alamat dia memberi kepada saya, dan mantra mantra menjawab meyakinkan saya bahwa saya akan mendapatkan suami saya kembali 72 jam berikutnya, apa pernyataan yang menakjubkan !! Saya tidak pernah percaya, jadi dia berbicara dengan saya, dan menceritakan semua yang harus saya lakukan, Kemudian tiga hari berikutnya, Jadi mengejutkan, suami saya yang tidak menelepon saya selama berbulan-bulan terakhir, memberi saya sebuah panggilan untuk memberi tahu saya Bahwa dia ingin aku dan anakku kembali ke rumah, sangat menakjubkan !! Jadi, begitulah saya pulang ke rumah pada minggu yang sama, dengan banyak cinta dan kegembiraan, dan dia meminta maaf atas kesalahannya, dan atas rasa sakit yang dia derita dan anak saya, Kemudian sejak hari itu, hubungan kami sekarang lebih kuat daripada bagaimana Itu sebelumnya, dengan bantuan orang ini, saya sangat senang sekarang, Jadi saya akan saran Anda di luar sana untuk mengunjungi situs web drujiagbeblacktemple@gmail.com yang sama, jika Anda berada dalam kondisi seperti ini, atau Anda memiliki masalah terkait depresi perkawinan, jadi terima kasih kepada Dr. ujiagbe karena telah membawa kembali suami saya, dan membawa sukacita besar untuk keluarga saya sekali lagi, Anda adalah tuan yang hebat.

    BalasHapus
  150. Cara mengajukan formulir pendaftaran...caranya gimana

    BalasHapus
  151. Cara mengajukan formulir pendaftaran...caranya gimana

    BalasHapus
  152. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp800.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  153. Assalamu'alaikum Ibu? Nyonya... masih pernah dijengukkah blog ini.. cuman satu postingan aja yaa... semoga anda selalu dirahmati Allah SWT, dan telah menemukan kebahagiaan bersama keluarga dan orang yang dekat di hati anda saat ini... Dari cerita diatas pemasalahan mendasarnya adalah terlalu cinta dan terlalu cemburu, bahkan cemburu pada cerita masa lalu orang tua suami/mertua... diikuti perangai suami yang tak mau mengerti dan temperamental.Saat terlalu cinta maka akan selalu diikuti kecemburuan dan was-was pada suami, takut kehilangan dia, dan sebaliknya saat kehilangan pijakan suami meninggalkan maka akan menerima kembali bagaimanapun kondisi perangai sang suami. Secara emosi saya juga bilang tinggalkan sj suami anda, tp yg tau dan bisa menimbang hati dan cinta dihati anda adalah anda sendiri, saya hanya bisa mendoakan semoga anda saat ini telah sangat berbahagia, dan bisa mengurangi cinta anda pada suami anda itu, semua itu hanyalah keduniaan yang pasti berakhir, ada yg lebih harus dicintai Allah Tuhan kita... yang tidak hanya di dunia namun berefek pasti di akhirat

    BalasHapus
  154. Selamat hari semua orang,

    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa ONE BILLION RISING FUND saat ini menawarkan Pinjaman jangka panjang dan jangka pendek kepada badan-badan perusahaan dan koperasi yang secara serius memerlukan dukungan finansial untuk meningkatkan bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat suku bunga rendah. untuk segala bentuk pinjaman keuangan, di bagian manapun di dunia Ini terjangkau, dengan suku bunga rendah, fasilitas dijamin, Mari kita memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut di bawah ini.
    via email: onebillionrisingfund@gmail.com
    BBM: D8E814FC
    kami menawarkan pinjaman dalam berbagai mata uang

    DOLLAR
    POUND
    EURO
    RM
    IDR

    hubungi kami sekarang

    BalasHapus

  155. Selamat siang

    ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
    BBM: D8633B93

    BalasHapus
  156. Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

    Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel di Malaysia, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati wanita jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja yang saya miliki Ide bagus untuk memulai bisnis tunggal saya sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka setara dengan jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor saya, yang membuat saya merasa kecewa

    Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan curang dan curang, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

    Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

    Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doa saya dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer kepada saya tanpa masalah.

    jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    BalasHapus
  157. Kabar baik!!! Perusahaan pinjaman real

    Nama saya nirma sufitra, hanya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu siapa pun yang membaca ini bahwa ada perusahaan pinjaman yang nyata dan mereka ada di sini untuk membantu, karena saya adalah korban tertipu namun terima kasih kepada Dangote Loan Company, mereka memberikan pinjaman dengan 2% tingkat bunga dan memberi Anda jumlah apapun, jadi hubungi Dangote Loan Company Via email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    atau hubungi saya melalui email nirmasufitra12@gmail.com

    BalasHapus
  158. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  159. Nama saya linda, saya tidak bisa menjelaskannya tapi saya hanya harus berbagi kegembiraan dan kebahagiaan dengan dunia ini, saya tidak tahu bagaimana baba EGBO membantu saya dalam mengembalikan suami saya. Saya telah frustrasi selama 2 tahun terakhir dengan dua anak saya hidup tanpa suami saya yang secara mengejutkan meninggalkan rumah dengan seorang gadis, Suatu hari yang setia, seorang teman saya datang berkunjung dan saya menceritakan kepadanya tentang situasi yang saya hadapi selama dua tahun terakhir ini, Dia kemudian bercerita tentang Dr Egbo bahwa dia adalah orang yang sangat kuat, pada awalnya saya tidak pernah ingin mempercayainya karena saya telah menghabiskan banyak waktu untuk pergi ke tempat yang berbeda, namun dia meyakinkan saya untuk mencobanya, jadi saya tidak punya pilihan karena saya sangat membutuhkan suamiku kembali Jadi kami menghubungi Dr Egbo yang mengatakan kepada saya semua yang perlu saya lakukan yang saya ragu. Tapi kegembiraan terbesar saya hari ini adalah Dr Egbo mampu membawa suami saya kembali kepada saya dan sekarang kita hidup bahagia seperti sebelumnya. Terimakasih ayah ku yang cantik.
    tolong Jika Anda memiliki masalah dalam bentuk apapun, saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi dia di email pribadinya, dregbosolutioncenter@gmail.com. terima kasih banyak pak ini satu-satunya cara agar saya bisa menghargai Anda dan saya akan selalu bercerita tentang Anda, terima kasih banyak pak.
    Dia juga menyebutkan tentang masalah orang lain yang mampu dipecahkannya kepada orang pada umumnya seperti misalnya,
    (1) Jika Anda menginginkan mantan Anda kembali
    (2) jika Anda selalu memiliki mimpi buruk.
    (3) Anda ingin dipromosikan di kantor Anda.
    (4) Anda ingin wanita / pria mengejarmu.
    (5) Jika Anda menginginkan seorang anak.
    (6) Anda ingin menjadi kaya untuk bisnis Anda
    (7) Anda ingin mengikat suami / istri Anda
    milikmu selamanya.
    (8) Jika Anda membutuhkan bantuan keuangan.
    (9) Perawatan herbal
    (10) Jika Anda tidak dapat memuaskan istri Anda
    keinginan seks karena atau
    tindakan err rendah
    (11) jika haid Anda menolak datang
    keluar hari itu
    misalkan atau lebih mengalir
    (12) jika pekerjaan Anda menolak membayar Anda, orang-orang
    karena kamu DLL tolong hubungi Baba untuk bantuan di dregbosolutioncenter@gmail.com

    BalasHapus
  160. http://sisiusus260.blogspot.com/2017/11/negara-ini-butuh-orang-gila-seperti-saya.html
    http://sisiusus260.blogspot.com/2017/11/cerita-sepasang-kekasih-begal-korbannya.html
    http://sisiusus260.blogspot.com/2017/11/cara-gampang-dapatkan-perut-sixpack.html
    http://sisiusus260.blogspot.com/2017/11/10-cara-bangkitkan-gairah-pasangan-saat.html

    CONTACT US :
    BBM : D1E0517C
    FB : Pelangi QQ Asia

    BalasHapus
  161. Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi hutang Anda atau melunasi tagihan Anda? Apakah kamu memiliki rendah
    nilai kredit, dan Anda merasa sulit memperoleh pinjaman modal dari bank lokal /
    lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman atau pendanaan untuk alasan apapun seperti,

    * Pinjaman Kendaraan
    * Pinjaman Real Estat
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Lain
    Jalur Kredit
    * Master Card
          Catatan: Kami memberikan pinjaman hanya dengan suku bunga 3% setiap tahun.
    Email> mrsperezloanlender@gmail.com
    WhatsApp> +2348107393284

    BalasHapus
  162. Nama saya Ibu Maria Pedro, manajer cabang JAMINAN JAMINAN. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membayar hutang Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi, hipotek atau keperluan lain? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Temukan tidak lebih karena kita ada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu !!! Kami meminjamkan kredit kepada perusahaan, entitas, dan individu bereputasi dengan harga rendah dan wajar untuk jangka waktu tetap 1-30 tahun dan jangka waktu enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami melalui email via: (mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) penghasilan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) Jangka waktu pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:
    Terima kasih

    BalasHapus
  163. kirim-pesan-terbuka-untuk-fans.html

    http://mybloggeroperaqq.blogspot.com/2018/01/surat-khofifah-mundur-ada-di-jokowi.html

    ♥ ♠ ♦ ♣ OPERAQQ.INFO ♥ ♠ ♦ ♣
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari OperaQQ.org :) 1 ID Untuk 7 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami OperaQQ.info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan OperaQQ.org :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback 0.3% Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - Operaqq.net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Operaqq.net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM :D60ED5D7
    - WHATSAPP :+855 964 93 0279
    - LINE : operaqq
    Link Alternatif :
    - www.operaqq.com
    - www.operaqq.info
    - www.operaqq.org
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www lagi boss ^_^

    BalasHapus
  164. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B} facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)

    BalasHapus
  165. Pinjaman untuk semua jenis tujuan
    Kami menawarkan minimum 10.000,00 euro kepada 20 juta euro
    Pada kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    Pinjaman
    Tempoh: sehingga 25 tahun bergantung kepada jumlah pinjaman yang anda perlukan.
    Pelanggan mestilah
    berumur lebih 18 tahun
    Urus niaga ini 100% selamat untuk semua pelanggan
    Untuk maklumat lanjut mengenai kredit, sila hubungi kami melalui e-mel:
    (leonardodorafinance@gmail.com)

    BalasHapus
  166. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus
  167. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Suzan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp700,000,000 (700 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: Suzaninvestment@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: Amisha1213@gmail.com, dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: maaria9925@gmail.com dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: Lukman.karina@yahoo.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  168. Kabar Baik Kabar Baik
    Ketika saya melihat posting tentang mendapatkan pinjaman, saya sangat takut, saya akhirnya jatuh ke tangan yang salah dan kehilangan banyak uang, saya benar-benar menyerah tetapi kemudian saya melihat artikel tentang Mrs. Victoria Johnson dan itu cukup asli dan saya memutuskan untuk mencobanya dan percayalah bahwa itu adalah keputusan terbaik yang pernah saya buat. Setelah pinjaman pertama saya dengan bunga 2% saya dibayar. Saya tidak pernah percaya bahwa saya akan dibayar untuk memungkinkan saya membayar semua hutang saya dan memulai bisnis. . Saya masih berterima kasih kepadanya karena ketulusannya dan saya hanya ingin membantu siapa pun di grup atau laman ini, yang ingin mendapatkan pinjaman tidak perlu takut menghubungi Mrs. Victoria Johnson melalui, email: - (vikkyjohnsonfinancialservice@gmail.com) .
    dia bersedia membantu mengamankan pinjaman Anda tanpa banyak tekanan atau keterlambatan. Jika Anda memerlukan bantuan selama proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui alamat email saya yantiana932@gmail.com Semua yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah mengecewakannya dalam melakukan pembayaran cicilan bulanan. Saya memutuskan untuk membagikan karya Allah yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  169. Saya ingin memulai dengan bersyukur kepada allah untuk karunia hidup.
    Nama saya Yusti Harun dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang bagaimana Ny. Maria Pedro dari Guaranty Trust Loan membuat hidup saya manis.
    Saya sedang mengalami kesulitan keuangan untuk beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima gaji saya.
    Dan saat itulah hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ayah saya pada bulan berikutnya. Setelah ayahku dimakamkan, teman-temanku mulai meminta uang mereka kembali.

    Saya sangat terpukul karena keluarga saya menderita dan saya tidak punya uang untuk membayar hutang saya. Jadi, saya memutuskan untuk pergi ke bank saya, BCA untuk meminta pinjaman tetapi saya ditolak pinjaman karena saya tidak punya pekerjaan. Jadi saya menjadi putus asa untuk mendapatkan uang untuk membayar hutang saya. Kemudian saya memutuskan untuk memeriksa situs web jika saya akan melihat pemberi pinjaman pribadi yang dapat saya pinjam. Sebenarnya, saya melihat begitu banyak cerita bagus secara online dan saya pikir hidup saya akan berubah untuk selamanya tetapi saat itu menjadi sangat buruk sehingga saya hampir mengambil hidup saya karena saya diminta untuk membayar begitu banyak biaya hanya untuk saya tidak menerima pinjaman .

    Tetapi ketika saya berpikir hidup saya sudah berakhir, saat itulah allah menggunakan teman saya yang saya temui di bank untuk membantu saya. Teman saya Nyonya Erpan, saya menceritakan kisah saya kepadanya dan bagaimana saya dipecat dan pinjaman online yang tidak berhasil. Jadi, dia mengatakan kepada saya bahwa tidak perlu khawatir bahwa dia akan memperkenalkan saya kepada kreditur yang dapat diandalkan yang dia pinjam.

    Jadi, setelah dia memberi tahu saya bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Guaranty Trust Loan, saya memutuskan untuk menghubungi informasi kontak dari Guaranty Trust Loan yang dia berikan kepada saya yaitu: mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com

    Setelah itu proses persetujuan kredit saya selesai dan saya menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyatakan bahwa saya harus memberikan rincian bank saya. Saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman yang saya minta.
    begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi berita sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah situasi saya.

    Anda dapat menghubungi Guaranty Trust Loan melalui email: mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Inilah email saya: yustiharun5@gmail.com


    Dan di bawah ini adalah detail akun saya yang dikreditkan pinjaman dari Guaranty Trust Loan,
    Nama Bank: Bank BCA

    Alamat bank: jln.dr.setiabudhi bandung

    Nama akun: Yusti Harun

    Nomor akun: 2348702337:

    Jenis akun: tahapan BCA

    Segera setelah saya membayar biaya dokumen, saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan hari ini saya bebas secara finansial dan sekarang saya memiliki bisnis pribadi saya. terima kasih kepada Allah atas rahmatnya atas hidupku.

    BalasHapus
  170. ayo jangan lewati promo menarik kami
    ada promo bonus deposit member baru
    dan promo jackpot singapore

    info layanan Kami :
    BBM : D8E23B5C
    WHAT APPS : +85581569708
    Link : WWW-ANGKAPELANGI-NET

    New game : live togel pagi / siang / malam
    dan live ding dong 48 red blue

    BalasHapus
  171. Nama saya KARI, saya telah berada dalam perbudakan besar selama hampir 2 tahun menderita di tangan seorang suami yang selingkuh, kami senang dan pergi dengan baik sampai dia berarti pacarnya yang lama dan dia mulai berkencan dengannya di luar pernikahan kami. Sebelum kamu tahu dia berhenti merawat keluarganya sendiri. Itu sampai batas tertentu, ia berencana untuk menikah dengannya dan menceraikan aku istrinya sendiri, aku telah menangis dan melaporkannya kepada keluarganya, tetapi ia tidak pernah mendengarkan siapa pun kecuali untuk memotong ceritaku, aku datang untuk mencari seorang spiritualis sejati. yang bisa menghancurkan hubungan mereka dan membuatnya kembali padaku dan 2 anak kami.

        Dalam pencarian saya, saya melihat orang-orang memberikan kesaksian tentang bagaimana pernikahan mereka di mana dipulihkan oleh Dr Okosu. Saya memilih emailnya dan menceritakan kisah saya kepadanya dan dia setuju untuk membantu saya. Setelah pekerjaannya selesai untukku, pada hari ketiga suamiku dan pacarnya bertengkar dan dia memukulinya dan dia pulang memohon padaku dan anak-anak dan meminta maaf. Dia mengatakan bahwa matanya sudah jelas sekarang dan dia tidak akan pernah melakukan apa pun untuk menyakiti keluarganya lagi dan berjanji untuk menjadi ayah yang peduli dan tidak pernah menipu lagi. Saya sangat senang bahwa saya tidak melepaskannya kepada gadis itu, semua penghargaan diberikan kepada Dr Okosu karena Anda adalah Manusia Luar Biasa yang dikirim oleh Tuhan untuk membantu orang-orang di dunia ini. Saya memiliki rasa dari keajaiban bantuan Anda dan saya akan terus menceritakan karya baik Anda. dan kepada siapa ini berkepentingan Ini adalah emailnya: drokosu01@gmail.com whatsApp number is

    +2348119663571

    BalasHapus
  172. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus